Desa Dajan Peken Wakili Tabanan dalam Lomba Kesatuan Gerak PKK Tingkat Provinsi Bali

Foto : Ist/Hms

TABANAN - PKK  Provinsi Bali menggelar penilaian lomba Kesatuan Gerak PKK dan Lomba PKK-KKBPK-Kesehatan tingkat Provinsi Bali. Penilaian ini dilakukan  kepada delapan Kabupaten di Bali dan pemenang akan mewakili Bali di tingkat Nasional. Menjadi wakil Tabanan dalam Lomba Kesatuan Gerak PKK adalah Desa Dajan Peken Kecamatan. Sementara untuk Lomba PKK-KKBPK-Kesehatan diwakili  Desa Belalang Kediri.

Penilaian tersebut dihadiri oleh Wakil Bupati Tabanan I Komang Gede Sanjaya, Ketua Tim Penggerak PKK Tabanan Ny. Rai Wahyuni Sanjaya. Mereka bersama-sama menyambut kedatangan Tim Penilai Provinsi Bali yang dipimpin oleh Ketua TP PKK Provinsi Bali Ny. Putri Suastini Koster, Rabu (28/11) di Taman Ganeca Tabanan. 

Ketua TP PKK Desa Dajan Peken dalam laporannya menjelasakan Desa Dajan Peken merupakan salah satu Desa dari 12 Desa yang ada di wilayah Kecamatan Tabanan dengan luas wilayah 364,36 Ha dan memiliki 8 banjar Dinas. Dijelaskan Kegiatan TP PKK Desa Dajan Peken telah melaksanakan program-programnya dengan mengimplementasikan 10 Program Pokok PKK. 

“Program-program tersebut antara lain Pokja I dengan program unggulan pola asuh anak dan remaja dengan penuh cinta dan kasih sayang, Pokja II dengan program unggulan pemberdayaan ekonomi keluarga melalui kegiatan UP2K, Pokja III dengan program unggulan pemanfaatan lahan melalui hatinya PKK serta Pokja IV dengan program unggulan hidup bersih dan PHBS.” jelasnya. 

Pihaknya mengungkapkan PKK Desa Dajan Peken dalam memasyarakatkan PHBS di rumah tangga, lingkungan bersih dan sehat, kesatuan gerak PKK-KB-Kesehatan, Posyandu, dan BBGRM tentunya didukung oleh Pemerintah Desa, Puskesmas, PLKB, Tokoh masyarakat dan masyarakat itu sendiri 

“Sehingga pelaksanaannya dapat dilaksanakan meskipun masih ada kendala yang dihadapi.  Kami mohon kiranya semua unsur pemerintah maupun masyarakat dapat memberikan kritik dan saran  yang sifatnya membangun lebih ditingkatkan.” imbuhnya. 

Bupati Tabanan dalam sambutan tertulis yang bacakan oleh Wabup Sanjaya mengatakan untuk mencapai tujuan ini di desa Dajan Peken telah dilakukan upaya-upaya strategis yaitu diberdayakan dengan kegiatan kegiatan di kampung KB, Program Keluarga Berencana, Program Kesehatan termasuk perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) dan yang terpenting 10 Program Pokok PKK yang dituangkan dalam masing-masing Pokja yelah banyak mencapai hasil. 

“Khusus untuk program IVA tes Kabupaten Tabanan sudah mulai melaksanakan dari tahun 2012 dan sudah meraih MURI. Walaupun masih ada kendala namun tak menyurutkan niat kami untuk senantiasa meningkatkan kesejahteraan masyarakat kami. “ katanya.

Pihaknya juga menjelaskan kesiapan desa dajan peken sebagai duta Tabanan dalam pelaksanaan lomba 10 program pokok PKK. Persiapan lomba dipersiapkan sedemikian rupa dengan suatu proses yang cukup panjang dengan melibatkan semua pihak. 

“Pemerintah maupun masyarakat bersama-sama berperan mendukung kegiatan ini untuk mewujudkan kesejahteraan Tabanan.”  jelasnya.

Sementara itu Ny. Putri Suastini Koster mengatakan Gerakan PKK dilaksanakan untuk mendukung Program Pemerintah dengan sasaran para keluarga sebagai unit terkecil dalam masyarakat. Dikatakannya perempuan merupakan kunci dari kesejahteraan keluarga, oleh karena itu sangat penting peran perempuan. 

“Dalam keluarga perempuan merupakan tokoh central. Kalau ibu-ibu cerdas keluarga akan menjadi hebat.” ungkapnya. 

Pihaknya mengatakan dalam lomba ini juga diharapkan dapat melatih sportivitas. Dikatakannya juara bukanlah segalanya, namun yang terpenting adalah wujud nyata yang diberikan. Adapun indikator dalam lomba antara lain indikator input, indicator proses dan indicator output.

"Semoga Duta Tabanan dapat memberikan yang terbaik. Saya berharap kegiatan ini dapat menjadi motor penggerak partisipasi dari semua pihak dan menjadi pembinaan bagi instansi pemerintah, organisasi kemasyarakatan dan LSM." imbuhnya. (Hms/Cia)

Komentar