Media Berita Online Bali Terkini, Kabar Terbaru Bali - Beritabali.com

Grace Jeanie Nakhodai IVENDO Bali

Pelantikan Grace Jeanie sebagai ketua DPD IVENDO Bali. Foto : Istimewa

BADUNG - Grace Jeanie terpilih memimpin Indonesia Event Industry Council (IVENDO) yang baru saja terbentuk di Bali.   Terpilihnya Grace sebagai nakhoda sekaligus diharapkan mampu menanungi  para pelaku industri event di tanah air khususnya di Bali.

Sosok Grace Jeanie sudah tak asing lagi di dunia Event Organizer (EO) di Bali. Kemampuannya mengatur  sekaligus menyelesaikan sebuah acara baik lokal, nasional hingga tarap international merupakan salah satu kelebihan wanita asal Surabaya ini.

Dengan pola manajeman mumpuni, CEO JPPRO Bali ini mampu menyelesaikan setiap agenda acara dengan maksimal sehingga membuat namanya semakin dikenal dikalangan user maupun jajaran interprenershif belakangan ini.

Latar belakang sebagai wartawan dahulunya sekaligus modal dan memberi poin lebih bagi Grace sehingga semakin mampu manghandel acara dengan luwes dan  mudah beradaptasi dengan berbagai kalangan.

“Beberapa tahun lalu saya mendengar sejumlah kawan EO sempat melontarkan kalau PCO ada organisasinya, kalau EXPO ada organisasinya. Bagaimana dengan EO bergabung ke mana ya?,” ujar Grace Jeanie dalam sambutannya usai dilantik di kawasan Kampus STP Nusa Dua, Jimbaran, Badung, Bali, Kamis lalu.

Bukan hanya itu, tuturnya, sejumlah kawan pekerja freelance, supplier, talent seperti MC yang memiliki pengalaman sangat banyak dan luar biasa jam terbang serta skala event yang ditangani serta tidak spesifik pada MICE ataupun wedding bingung kemana harus bergabung.

Untuk itu, IVENDO ke depan diharapkan bisa menjadi wadah positif bagi kawan-kawan EO serta pekerja event lainnya di Bali. Kelahiran IVENDO Bali sekaligus diharapan bisa memberikan warna dan mendorong pertumbuhan pariwisata di Bali.

“Terima kasih kepada kawan-kawan, senior, para suhu yang telah berinistiatif membentuk IVENDO. Dan saat ini dengen terbentuknya DPD IVENDO tentunya kami tidak bisa berdiri sendiri, di usia kami yang baru lahir ini,” tuturnya.

Selain Grace Jeanie, sejumlah jajaran pengurus juga disebutkan seperti wakil ketua yang dipercayakan kepada Yoga Pradana (Y&R Mice Sekretaris), sekretaris  Cahya Rihayana  (Central Events) dan Bendahara  yakni Kadek Chintya Dwi Pratiwi (Dewata Bali Kreatif )

Sementara untuk deputi bidang penyelenggara acara dipegang oleh Daniel Panggabean (BEON - Kopi Panas) dan pendukung acara yakni I Wayan Muliarta (Artha Gita Swara Production (AGS Pro). Sementara untuk bidang keanggotaan dipegang oleh David Allen (Anak Radio Production).

Grace juga menyadari IVENDO  Bali yang baru saja lahir, untuk itu dirinya dan jajaran pegurus siap terus membuka diri, menerima masukan untuk kemajuan organisasi. 

“Dan tentunya adalah kemajuan anggota serta kita semua. Semoga kehadiran IVENDO ini dapat memaksimalkan potensi-potensi yang kita miliki dan bermanfaat bagi semua,” tegasnya.

Awal lahirnya IVENDO didasari semakin berkembangnya jasa usaha penyelenggara acara (special event) yang kian pesat dan tersebar di seluruh Indonesia dalam dua decade belakangan ini.  Demi pengembangan dan pembangunan industri ini di kemudian hari, maka diperlukan hadirnya wadah yang dapat mempersatukan para pelaku usaha jasa penyelenggara acara dirasakan mendesak.

Guna mewujudkannya, beberapa komunitas dan asosiasi industri Event & MICE di Indonesia berhimpun untuk membangun wadah bersama. Musyawarah Nasional pertama diselenggarakan pada tanggal 9 Mei 2018 di Menara 165, Jl. Letjen TB Simatupang, Jakarta yang kemudian dibuatkan Akta Notaris No. 80 tanggal 9 Juni 2018 oleh Nurlisa Uke Desy,SH, MKn dan disahkan Kemenkumham dengan SK Nomor AHU-0008176.AH.01.07.TAHUN 2018 tanggal 28 Juni 2018.

Tepat 8 Agustus 2018 lalu, Dewan Pengurus Pusat (DPP) IVENDO secara resmi mendeklarasikan hadirnya wadah para pelaku industri event dan siap bekerja untuk turut serta membangun industri pariwisata Indonesia.

Beberapa program kerja siap digulirkan yakni melakukan sosialisasi ke para pemangku-kepentingan industri pariwisata di seluruh tanah air, termasuk didalamnya mengajak para pengusaha & pekerja event untuk bergabung dalam IVENDO, mendorong lahirnya regulasi baru yang mendorong industri event untuk dapat diterima dalam arti seluas-luasnya di masyarakat dan disejajarkan dengan industry kreatif lainnya, dan membangun pemerataan kapasitas dan kapabilitas penggiat industri event di seluruh Indonesia melalui standarisasi kompetensi dan program pelatihan yang merata dan berkesinambungan  

Ke depan, untuk merealisasikan Program Kerja di atas, DPP IVENDO mulai giat mengembangkan sayapnya ke daerah-daerah. Saat ini, DPD IVENDO Jawa Timur sudah terbentuk Agustus 2018 lalu, menyusul DPD IVENDO Bali dikukuhkan langsung oleh Ketua Umum IVENDO, Mulkan Kamiludinpada kesempatan perhelatan kuliah umum mahasiswa STP Nusa Dua Bali  bertema “Belajar dari event olahraga skala Internasional”. (*/Cia)

Komentar