Media Berita Online Bali Terkini, Kabar Terbaru Bali - Beritabali.com

Ketua DPRD Karangasem Sidak Jalan Penghubung Geriana Kangin dan Geriana Kauh

foto : Oke

KARANGASEM - Jalan penghubung antara Geriana Kangin dan Geriana Kauh, Desa Duda Utara, Selat, Karangasem telah tersambung kembali. Jembatan darurat tersebut telah dibangun Rabu lalu. Ketua DPRD Karangasem Nengah Sumardi Rabu (22/11) mengunjungi pembuatan jalan tersebut. Hadir pula I Gusti Agung Dwi  Putra anngota DPRD  Karangasem dari Fraksi Golkar.

Menurut Bendesa Adat Geriana Kangin Jro Ketut Yasa dan Bendesa Adat Geriana Kauh Nyoman Subrata pembuatan  jalan darurat tersebut berkat bantuan ketua DPRD Karangasem Nengah Sumardi.

Subrata menambahkan bahwa warga Geriana Kauh sempat datang menghadap pada ketua DPRD Karangasem dan mengeluhkan soal jalan yang rusak karena diterjang banjir.

Subrata juga mengakui bahwa Sumardi juga memberikan bantuan secara pribadi. Berupa alat berat dan sejumlah material berupa bos untuk gorong gorong jembatan. "Ya kami yang minta bantuan ke pak Ketua, karena kami mau  melaksanakan upacara dan jalan ini merupakan penghubung kedua Desa Pakraman,” ujarnya.

sementara itu menurut Sumardi dirinya membantu karena perlu cepat. Sebab jalan ini sangat dibutuhkan warga yang akan melakukan kegiatan Karya. “Ya bantuan ini pribadi karena kondisinya darurat," ujarnya.

Perbaikan ini masih darurat dan sementara agar mobil dan sepeda motor bisa lewat. Jalan ini juga sering  dilalui anak anak sekolah ke SMPN 3 Selat.

Perbekel Duda Utara juga menambahkan bahwa jembatan ini beberapa kali dibangun namun rusak dan rapuh karena lama selain itu juga tergerus banjir saat masih erupsi. Sempat juga dilakukan pengurugan namun hanyut lagi. Sekarang ini sudah dibuatkan gorong gorong sehingga bila banjir tidak akan hanyut.

Sementara itu menurut Kasi Bina Marga PUPR Karangasem Ketut Prama Budarta yang juga ikut hadir mengatakan jika jalan ini telah masuk pada anggaran induk 2019. Nilai pembagunanya sebesar Rp 1,5 miliar. Ini sudah termask senderan dan juga akan di buat leher agar kuat. Pembagunan nanti akan  menggunakan Box Volvert supaya pengerjaannya lebih cepat dan juga lebih kuat. Karena Box culvert sudah ada standarisasi dan teruji.

Sementara itu Bendesa adat Geriana Kangin Jro Yasa juga mengatakan kalau jalan ini merupakan jalan sentra ekonomi pedesaan dan juga merupakan jalan bagi warga untuk pergi ke sawah, kepasar dan juga kesekolah. Jro Yasa  juga menyampaikan terima kasih pada Ketua DPRD Karangasem Nengah Sumardi yang sudah membantu pembuatan jalan tersebut. (*/Oke)

Komentar