Karangasem Miliki Solusi Cermat Penanganan Sampah

foto : istimewa

KARANGASEM - Permasalahan sampah menjadi persoalan serius yang musti segera ditindaklanjuti. Meski disediakan tempat pembuangan jika hanya sekedar memindahkan sampah justru malah menimbulkan permasalahan yang baru.

Untuk itu, selain tempat pembuangan akhir penting juga disediakan tempat pengelolaan sampah sehingga sampah yang dikumpulkan bisa diolah secara berkesinambungan.

Terkait persoalan sampah di Kabupaten Karangasem, Bupati I Gusti Ayu Mas Sumatri mengungkapkan bahwa sudah mendapat banyak penawaran dari infestor untuk pengelolaan sampah. Hanya saja sambil menunggu, dirinya berharap agar di setiap Desa membuat penampungan sampah sementara.

"Disetiap desa buat beberapa bak penampungan sampah sebagi bahan baku, nah nanti ketila pengelolaannya sudah jalan tinggal angkut saja," kata Bupati Mas Sumatri ketika menghadiri kegiatan bersih bersih diDesa Pesaban, Rendang, Karangasem, Minggu (11/11).

Tidak hanya itu, kedepan pemerintah juga dikatakan akan merancang untuk menyediakan tempat pembuangan sampah beserta pengelolaannya di setiap kecamatan. Sistem ini dipandang lebih efisien baik dari segi ekonomi maupuan lahan yang nantinya akan dipergunakan.

"Satu hektar cukup kok untuk satu kecamatan, bisa usulkan pakai tanah provinsi atau tanah desa juga bisa," tandasnya. (Oke)

Komentar