Bupati Eka Raih Smart Sanitation Award AKKOPSI 2018

Foto : Ist/Hms

TABANAN - Pemerintah Kabupaten Tabanan kembali menorehkan prestasi membanggakan di tingkat nasional. Kali ini prestasi tersebut adalah Penghargaan Smart Sanitation Award AKKOPSI tahun 2018  yang diberikan kepada Bupati Tabanan Ni Putu Eka Wiryastuti atas terpilihnya Tabanan sebagai  kabupaten yang memiliki inovasi terbaik dibidang sanitasi. Dalam penghargaan tersebut Tabanan  menduduki peringkat 7 TOP 10 Smart Sanitation Award yang digelar oleh Aliansi Kabupaten Kota Peduli Sanitasi (AKKOPSI). 

Penghargaan yang telah diserahkan sebelumnya di Jambi tersebut kemudian diserahkan Asisten II Tabanan I Wayan Miarsana dan Kepala Bapelitbang Tabanan Ida Bagus Wiratmaja kepada Bupati Eka dalam audiensi, Rabu (7/11) di Ruang Kerja Bupati. Turut hadir dalam audiensi tersebut Sekda Tabanan I Nyoman Wirna Ariwangsa. 

Bupati Eka dalam kesempatan tersebut mengungkapkan rasa syukurnya atas penghargaan yang diraih. Menurutnya penghargaan ini merupakan hasil kerja keras semua pihak yang terlibat dan diharapkan penghargaan ini menjadi motivasi untuk terus berbuat lebih baik lagi. 

“Puji Syukur atas penghargaan yang kita dapatkan. Ini merupakan bukti dan kerja keras dari semua pihak yang terlibat, bahwa Tabanan selalu mampu melahirkan program-program inovatif yang membanggakan dan bermanfaat. Semoga penghargaan ini menjadi motivasi untuk selalu memberikan yang terbaik.” ungkapnya.

Sementara itu, Wayan Miarsana menjelaskan penghargaan ini diberikan karena inovasi Tabanan di bidang pengelolaan sanitasi diantaranya dari bebwrapa sub sektor seperti air limbah dan persampahan. Dalam sub sektor air limbah misalnya beberapa inovasi antara lain; inovasi bak control dengan hiasan dan perlengkapannya, kolam ikan dari effluent IPAL, pembangunan septic tank yang berkoloborasi dengan Koranmil untuk MBR dan inovasi lainnya.

“Inovasi lainnya di sub sektro air limbah juga meliputi pembangunan areal IPAI untuk fasilitas umum. Sementara untuk sektor persampahan inovasi Tabanan meliputi TPS yang menggunakan penutup untuk menghindari sampah basah saat hujan, pemanfaatan pupuk organik hasil pengolahan TPS3R untuk tanaman sayur dan penggunaan Enviro Cover sebagai penutup sampah di TPA,” jelasnya.

Dirinya menambahkan, terdapat beberapa penilaian dalam penghargaan ini diantaranya adalah kelengkapan NAWASIS terbaik, memiliki Inovasi sanitasi dalam menangani air limbah, sampah dan drainase serta keaktifan anggota. 

“Selain itu, penilaian juga meliputi kesesuaian antara perencanaan, penganggaran dan implementasi program pembangunan sanitasi di daerah, serta komitmen daerah dalam keterpaduaan lintas sektor, OPD, untuk mencapai target pembangunan sanitasi di daerah.” imbuhnya. 

Penghargaan bidang sanitasi ini, diberikan kepada bupati dan walikota yang peduli sanitasi di Indonesia. Tabanan, dari total 491 kota/kabupaten se-Indonesia, menduduki peringkat 7 Top 10 Smart Sanitation Award (SSA) 2018. Penghargaan Penghargaan Smart Sanitation Award AKKOPSI 2018  merupakan penghargaan yang diberikan oleh Aliansi Kabupaten/Kota Peduli Sanitasi atau AKKOPSI. Penghargaan tersebut diserahkan dalam rangkaian acara City Sanitation Summit XVIII di Hotel Luxury, Kota Jambi pada akhir Oktober lalu. (Hms/Cia)

Komentar