Media Berita Online Bali Terkini, Kabar Terbaru Bali - Beritabali.com

Muspida Tabanan Dukung Penuh GMHP

foto : istimewa

Muspida Tabanan Dukung Penuh GMHP Warga

TABANAN – Sebagai bukti keseriusan KPU melaksanakan pemilu yang berkualitas salah satunya telah dicanangkan gerakan melindungi Hak Pilih melalui program GMHP (Gerakan Melindungi Hak Pilih) sejak 1 hingga 28 Oktober 2018. Untuk di Provinsi Bali GMHP secara serentak dilaksanakan disemua Kabupaten/Kota pada Selasa, (23/10/2018).

Di Kabupaten Tabanan, jajaran Muspida memberikan dukungan penuh terkait GMHP ini. Bahkan Ketua DPRD Tabanan, I Ketut Suryadi dan Wakil Bupati Tabanan, I Komang Gede Sanjaya memastikan ikut terlibat langsung dalam GMHP yang diinisiasi oleh KPU Tabanan.

Hal itu terungkap dalam rapat koordinasi KPU Tabanan dengan jajaran PPK (Panitia Pemilihan Kecamatan) di kantor KPU Tabanan, Senin, (22/10).

Ketua Divisi Program Perencanaan, Data dan Informasi, I Ketut Sugina menegaskan bahwa rapat koordinasi dengan PPK se Kabupaten Tabanan ini tidak lain guna mensukseskan GMHP yang dicanangkan KPU sejak 1 hingga 28 Oktober 2018.

“Program melidungi hak pilih ini berlangsung 1 hingga 28 oktober agar DPTHP menjadi lebih akurat, sesuai dengan arahan KPU Provinsi Bali kita lakukan gebryar besok (23 Oktober, red) disemua Kabupaten kota termasuk di Tabanan,” ucapnya.

Semua PPK dan PPS sudah diinstruksikan melakukan GMHP secara serentak yang nantinya akan dimonitoring oleh KPU Tabanan.

“Kita sudah berkoordinasi kepada semua steak holder untuk mensukseskan GMHP di Tabanan, bahkan Pak Ketua DPRD Tabanan dan Pak Wakil Bupati Tabanan memastikan kan hadir di posko GMHP terdekat, ini adalah contoh yang baik untuk menumbuhkan kesadaran masyarakat mengecek apakah yang bersangkutan sudah terdaftar apa belum, semoga hal ini bisa menjadi contoh dan diikuti tokoh dan masyarakat Tabanan” harapnya.

Ketua DPRD Tabanan, I Ketut Suryadi dan Wakil Bupati Tabanan, I Komang Gede Sanjaya memastikan akan mendatangi posko GMHP yang ada di PPK Tabanan diikuti jajaran lain guna melakukan pengecekan.

“Selain Pak Ketua DPRD dan Wakil Bupati, kita juga sudah berkoordinasi dengan para camat se Kabupten Tabanan untuk melakukan GMHP di masing-masing posko di wilayah mereka,” beber Sugina.

Hal yang sama diungkapkan Ketua KPU Tabanan, I Gede Putu Weda Subawa. Dalam pengarahannya mengatakan rapat koordinasi dengan semua PPK ini adalah salah satu langkah guna mensuseskan GMHP di Kabupaten Tabanan.

“Semua PPK dan PPS sudah kita instruksikan untuk proaktif dalam gerakan ini, artinya mereka akan standbay di posko masing-masing yang sudah ada di setiap desa dan Kecamatan untuk menerima masyarakat untuk melakukan pengecekan apakah yang bersangkutan sudah terdaftar dalam DPT,”ucapnya.

Proses GMHP ini kata Weda, nantinya setiap warga yang ingin melakukan pengecekan bisa mengklik melalui aplikasi “KPU RI Pemilu 2019” melalui Hp atau perangkat computer yang ada di posko-posko GMHP. Selanjutnya warga cukup memasukkan NIK dan Nama sesuai KTP masing-masing. Dan kalau yang bersangkutan sudah terdaftar dalam DPT maka dalam system akan muncul nama lengkap alamat serta terdaftar di TPS berapa.

“Sistemnya sangat sederhana sekali, klik langsung muncul data lengkap kalau memang sudah terdaftar, sedangkan kalau tidak terdaftar maka yang bersangkutan dicatat dalam form A.A KPU sebagai pemilih Tabahan,” beber Weda Subawa. (*/Cia) 

Komentar