Media Berita Online Bali Terkini, Kabar Terbaru Bali - Beritabali.com

Kicau Mania Semarakkan Lomba Burung Karangasem

foto : Oke

KARANGASEM  - Ribuan kicau mania dari seluruh Bali, Jawa dan Lombok berkumpul di stadion Padang Kerta, Amlapura untuk ambil bagian dalam acara Lomba burung berkicau Bupati Karangasem Cup 1 yang diselenggarakan siang ini, Minggu (14/10).

Setidaknya ada sekitar 10 jenis burung kicauan yang diperlombakan dalam acara yang baru pertama kali terselenggara di Bumi Lahar ini seperti Burung Kenari, Lovebird, Anis Merah, Cendet, Cak ijo, Kacer, Murai Batu, Cak Jenggot dan Burung Pleci.

Salah satu peserta lomba asal Dusun Kikian, Sidemen, Karangasem, Putu Agus Ari Swardana mengatakan dirinya membawa burung jenis Kenari yang notabena sudah pernah meraih beberapa juara lomba kicauan yang diselenggarakan oleh beberapa komunitas pecinta burung kicauan.

Swardana sendiri mengaku memelihara burung Kenari aduannya tersebut sejak masih anakan hingga dewasa dan berhasil memperoleh beberapa juara.

"Saya pelihara sudah dari anakan, beberapa juara sudah pernah dikantongi," ujarnya.

Sementara itu, acara lomba kicauan burung ini dibuka oleh Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga, I Gusti Ngurah Sartika mewakili Bupati Karangasem, I Gusti Ayu Mas Sumatri.

Dalam sambutannya, Gusti Ngurah Sartika menyampaikan, acara yang baru pertamakali diselenggarakan dengan skala peserta hingga dari luar Kabupaten Karangasem, bahkan dari luar Bali  diharapkan agar berdampak terhadap perekonomian di Kabupaten Karangasem terutama kepada pecinta burung.

Selama ini, lomba serupa diakui Sartika memang sudah pernah dilakukan, hanya saja baru skala kecil dengan peserta lomba lokalan saja. "Semoga kegiatan ini bisa berlanjut paling tidak setahun sekali, sehingga pencinta burung di karangasem bisa meningkat," kata Sartika saat membacakan sambutan Bupati Karangasem.

Sementara itu, pembukaan lomba burung kicauan ini ditandai dengan pelepasan sejumlah burung oleh panitia lomba beserta tamu undangan yang hadir. Disatu sisi, untuk para juara dipersiapkan piagam dan piala:  serta juga disediakan dolprise berupa sepeda motor dan hadiah menarik lainnya. (Oke)

Komentar