Waduh, Harga Babi Meroket di Karangasem

foto : Ist

KARANGASEM - Harga Daging babi di Karangasem terus  mengalami peningkatan. Dan si lain pihak harga sapi menurun, karena  menurunya harga sapi karena kebutuhan lokal masih stabil.

Beberapa pekan lalu harga daging Bali dan babi hidup (anakan red) sempat melonjak hal ini dikemukakan salah satu peternak asal Kesimpar, Abang, Karangasem Gede Paguh.

Kemudian sempat turun menjadi Rp 27 ribu per kilo dan kembali naik menjadi Rp 30 ribu per kilo. Dan naik lagi  sekarang ini sampai 37 ribu per kilogram untuk babi hidup.

Penyebab naiknya daging babi diduga karena musim kemarau. sebab Pakan babi sulit didapat, apalagi di Karangasem yang wilayahnya kering. Warga mengurangi memelihara babi biasanya mereka memelihara beberapa ekor babi sekarang hanya seekor. Dan permintaan akan daging babi stabil.

Bahkan ada ibu rumah tangga yang tidak memelihara babi karena kesulitan pakan.

Selaian itu harga melonjak disebabkan karena warga di Lereng Gunung Agung yang  sempat ngungsi juga belum berani memelihara babi.  Sebab Gunung belum stabil takut kalau akan ngungsi lagi

"Saya takut memelihara banyak nanti kalo ngungsi lagi tidak ada yang beli dan modalnya juga tidak ada" ujarnya.(Oke/Cia)

Komentar