HUT Kota Tabanan Digelar di Selemadeg Barat

Foto : Ist/Hms

TABANAN -  Peringatan HUT Kota Tabanan ke-525 yang dilaksanakan setiap tahun merupakan salah satu upaya untuk melestarikan, mengembangkan serta memperkenalkan seni budaya khas yang ada di setiap wilayah Kecamatan. Sama seperti yang dilakukan Kecamatan Selemadeg Barat  yang merayakan Tabanan Fiesta 2 di Lapangan Umum Surabrata, Minggu (7/10).

Perayaan HUT Kota tersebut diawali dengan pertunjukan Tari Maskot Tabanan Sandat Serasi  yang mendapat sambutan meriah dari para penonton. Hadir dalam acara tersebut para OPD  Tabanan, anggota DPRD Selbar, Para Perbekel, serta tokoh-tokoh masyarakat Kecamatan Selemadeg. 

Camat Selemadeg Barat I Gede Ketut Suyana Putra menyampaikan, tahun ini Perayaan HUT Kota Tabanan di Selemadeg Barat akan berlangsung selama 3 hari, hingga tanggal 9 Oktober mendatang. DIjelaskan, tahun ini pihaknya juga memiliki program sosial  “I Have A Dream”.  Program I Have A Dream merupakan sebuah program sosial yang tujuannya mewujudkan mimpi atau keinginan seseorang yang diutamakan dari kalangan kurang mampu

“Melalui I Have A Dream kami memberikan berusaha mewujudkan keinginan anak-anak untuk mewujudkan mimpinya. Salah satunya pada malam hari ini kami memberikan sebuah sepeda kepada Ayu Cahya Dewani, siswa kelas III SD Lalanglinggah yang ditinggal ayah-ibunya.” jelasnya. 

Pihaknya menambahkan tahun ini juga diselenggarakan pertunjukan baleganjur, lomba-lomba, pentas seni budaya, pameran, kuliner serta kegiatan menarik lainnya. 

Sementara itu Bupati Tabanan Ni Putu Eka Wiryastuti  dalam sambutan tertulis yang dibacakan Asisten I Tabanan Wayan Yatnanadi memberikan apresiasi kepada seluruh panitia dan pendukung acara dalam  parade Budaya dan Pesta Rakyat Peringatan HUT Kota Tabanan ke 525 di Kecamatan Selemadeg Barat.

“Terima kasih kepada seluruh pihak yang terlibat sehingga kegiatan ini dapat terselenggara dengan baik. Peringatan HUT Kota Tabanan yang dilaksanakan setiap tahunnya merupakan upaya kita untuk melestarikan, seni budaya khas yang ada serta media bagi para seniman untuk menampilkan kreativitasnya, sehingga Budaya dan Kesenian lokal kita tidak tenggelam dibawah dominasi Budaya dan kesenian asing,” ungkapnya.

Pihaknya menjelaskan, peringatan HUT Kota tahun ini mengambil tema “Kluwung Pertiwi” yang mempunyai makna tanah yang subur dengan penuh keanekaragaman budaya, adat istiadat dan agama untuk mewujudkan masyarakat Tabanan yang sejahtera.

“Keanekaragaman ini diibaratkan sebagai warna pelangi karena Kabupaten Tabanan dikenal sebagai daerah yang subur dengan panoama alam yang indah dan keanekaragaman masyarakatnya yang Bhineka Tunggal IKa, serta mempunyai segudang prestasi.” jelasnya.

Pihaknya menambahkan, agar situasi kondisi dan sinergitas yang telah terbangun dengan baik antara pemerintah dengan masyarakat khususnya di Kecamatan Selemadeg Barat dapat dipelihara dan ditingkatkan menuju terwujudnya Tabanan yang Sejahtera Aman dan Berprestasi. (Hms/Cia)

Komentar