Ribuan Pelari Siap Meriahkan Mandiri Badung International Nght Run 2018

foto : istimewa

BADUNG – Ribuan pelar dalam dan liar negeri siap meriahkan Mandiri Badung International Night Run 2018 yang diadakan 30 Septmeber mendatang. Berbagai persiapan sudah dilakukan sekaligus merupakan event kejuaraan lari di malam hari ini. Menariknya, pelari akan berlomba di atas jalan tol Bali Mandara saat malam.

Salah satu tujuan evenet ini yakni ingin terus menggaet wisatawan mancanegara. Acara sekaligus dirangkai dengan Pesona Nusa Dua Fiesta 2018 yang akan berlangsung di Nusa Dua Badung Bali.

Bupati Badung, I Nyoman Giri Prasta menjelaskan, Mandiri Badung International Night Run 2018 direalisasikan berkat kerja sama apik antara ITDC dan Pemerintah Kabupaten Badung yang didukung oleh Kementerian Pariwisata, Kementerian BUMN serta disponsori oleh Bank Mandiri.“Event ini diselenggarakan tanggal 30 September 2018 dan merupakan rangkaian HUT Mangupura ke-9 serta sebagai bentuk kesiapan yang dapat menunjukkan kesiapan Kabupaten Badung menyambut Annual Meeting IMF-World Bank,” kata Giri di rumah jabatannya, Selasa 25 September 2018.

Yang menarik dari event ini, Giri melanjutkan, yakni berlari di atas laut, berlari di atas tol dengan pemandangan sunrise di garis finish. Selain itu, Giri menuturkan jika event ini dihelat sebagai upaya mempersiapkan Kabupaten Badung sebagai destinasi sport tourism.

“Badung ini merupakan gerbang utama wisata Bali. Sudah sepatutnya kami memberikan banyak alternatif atraksi wisata, salah satunya mempersiapkan Kabupaten Badung sebagai sport tourism destination sesuai dengan potensi daerah yang kami miliki,” ujarnya.

Managing Director The Nusa Dua, I Wayan Karioka sport tourism yang digagas bersamaan dengan Pesona Nusa Dua Fiesta 2018 diyakini mampu meningkatkan kunjungan wisatawan ke Bali.

Sport tourism memberikan hal menarik bagi wisatawan, apalagi dikombinasi dengan culture. Kegiatan ini dapat memberikan kontibusi bagi pertumbuhan turis di Bali,” ujarnya.

Sementara itu, Direktur Keuangan PT Jasamarga Bali Tol, Sukariyadi Rudi Meidiyanto menuturkan, pihaknya sudah berkoordinasi dengan pihak terkait untuk men-support kegiatan ini.

Jasamarga Bali Tol, Rudi melanjutkan, mendukung sepenuhnya event Mandiri Badung International Night Run 2018 oleh karena bertujuan memantik kedatangan wisatawan.

Event ini diharapkan dapat meningkatkan aktivitas bisnis di Bali. Kami sudah mengajukan perizinan ke Menteri PUPR. Nantinya akan ada penutupan tol mulai pukul 00.00 WITA hingga pukul 08.00 WITA. Tol ditutup selama delapan jam,” ujarnya.

Panitia Mandiri Badung International Night Run 2018, Ratna memaparkan, pada event bertemakan ‘Run Across the Sea-Chasing the Sunrise’ itu akan diikuti tiga ribu peserta dari 20 negara.

Ada lima kategori yakni full marathonhalf marathon, 10 kilometer, 5 kilometer dan 3 kilometer. “Event ini memperebutkan hadiah Rp500 juta. Ini yang pertama di Bali. Ini namanya sensai berlari mengejar matahari. Event ini bukan saja mengajak orang untuk berolahraga, tetapi juga mendatangkan wisatawan,” papar dia.

Ia melanjutkan, untuk kategori full marathon akan dilepas pukul 02.00 WITA. Sementara untuk half marathon akan dilepas pukul 03.00 WITA. Sedangkan untuk kategori 10 kilometer akan dilepas pukul 04.30 WITA. Untuk kategori 5 kilometer dilepas pukul 04.40 WITA dan kategori 3 kilometer pukul 05.00 WITA.

“Pukul 06.00 WITA semua peserta kita sisir agar sudah kembali lagi, karena yang ingin kita suguhkan adalah sunrise. Untuk titik start dan finish di Pulau Peninsula,” terangnya.

Untuk rute yang akan dilalui, Ratna menyebut dimulai dari Pulau Peninsula melalui Bypass Nusa Dua, masuk tol melalui pintu gerbang Nusa Dua lalu berputar di pintu gerbang Kuta dan kembali menuju Pulau Peninsula. (Cia)

Komentar