BPS Diperiksa Urin, Pemkab Menyusul

foto : istimewa

KARANGASEM - BNNK Karangasem semakin gencar melakukan pemeriksaan urin. Langkah ini sebagai antisipasi penyalahgunaan Narkoba di Karangasem. pemeriksaan urina kali ini dilakukan untuk pegawai BPS Karangasem. pagi itu tim dari BNNK Karangasem langsung datang ke kantor PBS di jalan Kartini Amlapura.

Begitu mendapat pengarahan akan dilakukan pemeriksaan urin. Satu persatu pegawai BPS di data. Kemudian meeka diminta kencing dan menyerahkan urinye ke petugas untuk di cek. Pengecekan juga dilakukan secara langsung dan yang diperiksa bisa tahu apakah dia terindikasi positif atau tidak.

“Kita ingin pegawai di Karangasem bebas Narkoba,” ujarnya.

Tes menggunakan alat Rapid Tes. Ada enam parameter yang bisa diketahui dengan tes ini. Keenam zat berbahaya bisa ditedeksi dengan alat ini.

Diantaranya adalah anpetamin atau sabu, tetrohidra Cabinol atau Ganja, Benzodiazepine atai Morfin, Met atau Ektasi dan Cok atao Cokain. “Kalau ada kami juga siap menjadi pendamping rehabilitasi,” ujar Kepala BNNK Karangasem AKBP Nyoman Sebudi.

Ada 21 pegawai BPS yang melakukan tes. Sementara itu Kepala BPS Karangasem mengaku sangat mendukung upaya BNNK. Ini dilakukan sebagai antisipasi juga untuk meningkatkan kinerja pegawai BPS. Bahkan pohak BPS sendiri berharap kgiatan ini bisa dilakukan secara rutin tiga bulan sekali.

“Kita ingin semua pegawai BPS bebas Narkoba,” ujar Kepala BPS AA Rai kemarin.

Sebudi mengatakan kegiatan ini akan terus dilakukan dengan menyasar ASN di Karangasem. bahkan Pemkab Karangasem juga nantinya akan dilakukan tes yang sama.

Hasilnya dari tes yang dilakukan semua pegawai BPS bersih narkoba. “Hasil tesnya semua negative,” ujar Sebudi. (*/Oke)

Komentar