Peduli Korban Gempa Lombok, Ikatan Keluarga Sasak Bali Galang Bantuan

foto : istimewa

DENPASAR  - Wujud kepedulian warga untuk korban gempa Lombok mulai nampak di berbagai daerah. Di   Bali, puluhan relawan yang tergabung dalam Ikatan Keluarga Sasak (IKASA) menggelar aksi pengumpulan donasi di beberapa titik di Denpasar. IKASA sendiri merupakan wadah bagi warga asal Lombok yang berdomisili di Bali.

Bergerak dengan kelompok-kelompok kecil Ikasa menyiapkan kotak donasi dan menghimpun bantuan dana dari pengguna jalan di sekitar kota Denpasar dan Kuta. Dalam waktu kurang dari dua jam mereka berhasil mengumpulkan donasi sebesar Rp 10 juta. Gerakan IKASA sendiri bersinergi dengan komunitas lai di Bali dalam wadah Solidaritas Bali Bagi Gempa Lombok.

Ketua IKASA Bali, Anas Nasrun mengatakan aksi penggalangan bantuan ini tergerak oleh rasa solidaritas terhadap korban. Sekaligus bagian sari upaya mempererat kekeluargaan dengan komunitas lain di Bali.

"IKASA bergerak bersama dengan saudara-saudara lain di Bali untuk bergerak dan mengulurkan tangan bagi korban bencana," kata  kordinator relawan, Anas disela-sela  pengumpulan donasi Rabu (8/8).

Hasil penggalangan dana ini nantinya akan digunakan untuk pengadaan barang kebutuhan pengungsi sesuai dengan kebutuhan. Anas menambahkan apa yang sudah dilakukan mugkin tidak sepenuhnya dapat menjawab kebutuhan korban. Paling tidak korban bencana tidak merasa sendiri dalam menghadapi bencana.

"Paling penting di sini adalah solidaritas antar sesama, mungkin jumlahnya tidak seberapa tapi paling penting adalah semangat persaudaraan yang kita sematkan dalam tiap aksi kemanusiaan," pungkas Anas. (*/Cia)

Komentar