Kemeriahan Warnai Pembukaan Desa Tangguntiti Fiesta

Foto : Liputan Bali. Com

TABANAN – Kemeriahan mewarnai pembukaan acara Desa Tanggungiti Fieste yang digelar di Lapangan Desa Tagguntiti, Selemadeg Timur, Selemadeg, Tabanan. Meski baru pertama kali digelar, namun acara yang dirangkai dengan Porsenides ini mendapat antusiasme warga setempat dan beramai-ramai mengikuti acara tersebut.

Acara dibuka langsung Camat Selemadeg Timur, I Gusti Putu Ngurah Dharma Utama, disertai dengan pelepasan balon ke udara didampingi pejabat Desa setempat,  Minggu (5/8). Kegiatan yang akan berlangsung sejak hingga 13 Agustus ini sekaligus untuk memeriahkan HUT Kemerdekaan RI ke 73 tahun ini.

Usai pelepasan balon, ratusan warga kemudian bersama-sama mengikuti acara jalan sehat mengelilingi lingkungan Desa. Warga juga dihibur oleh aneka hiburan berupa penampilan sejumlah artis pop bali seperti Artis Gek Diah, Ketengkong Mas dan Leyonk Sinantra.

                                              

Acara juga dimeriahkan oleh penampilan trio pelawak berikut senam zumba dan senam lansia yang antusias diikuti oleh para ibu-ibu dan anak-anak lingkungan desa. Puluhan hadiah sekaligus membuat membawa kemeriahan sendiri khususnya anak-anak yang mengikuti kegiatan ini.

“Kegiatan Tanggungtiti Fiesta dan Porsenides ini kami gelar guna meningkatkan kebersaman dan mempererat tali persaudaraan antar warga,” urai Perbekel Desa Tanggungtiti, I Gde Astra Wijaya disela-sela acara.

Astra Wijaya juga memaparkan bahwa tujuan kegiatan ini sekaligus untuk meningkatkan potensi Desa baik dibidang olah raga dan seni diharapkan mampu mencari bibit-bibut muda berperestasi di bidang olah raga dan seni.

                                  

Berbagai kegiatan olah raga yang digelar serangkaian acara ini diantaranya lomba tarik tambang, sepak bola, catur, tenis meja, volley ball, mewarnai menggambar anak anak, lari kelereng, lari karung, tejog dan lainnya.

Sementara kegiatan seni budaya diantaranya lomba menyanyi bali, mesatwa bali, darma wacana bali, gegurita, membuat kelakat, canang sari, ketipat nasi, ketipat galeng, membuat pejati cane, tamiang, parade busana ke pura berpasangan, parade gong kebyar antar banjar, dan tari rejang renteng masal PKK, serta lomba  lainnya.  Selain itu, acara juga akan dirangkai dengan pengukuhan pengurus karang taruna, peresmian lapangan Desa Tangguntiti.

                                                

Dilain pihak, Camat Selemadeg Timur, I Gusti Putu Ngurah Dharma Utama menegaskan, semangat yang ditampilkan oleh Desa Tanggungtiti diharapkan bisa menjadi motivasi bagi desa-desa lainnya di wilayah kecamatan Selemadeg Timur dalam menggelar kegiatan serupa.

Khusus untuk wilayah Selemadeg Timur jelasnya, sebanyak 10 (sepuluh) desa yang ada diharapkan bisa menggelar kegiatan  serupa dengan format hampir sama dan mampu menggali potensi daerah yang dimiliki oleh Kecamatan Selemadeg Timur.

                                

“Gelar Desa Tanggungtiti Fiesta ini sudah mengadopsi keinginan Pemkab Tabanan dan telah dilakukan ditingkat Desa. Kami harap ini contoh bagi desa lainnya di Selemadeg Timur dalam mengangkap potensi yang ada,” tutupnya.

Sesuai rencana, kegiatan ini rencanya akan ditutup dengan kemeriahan lainnya berupa penampilan sejumlah artis pop Bali lainnya berupa penampilan Celekontong Mas, Dek Ulik dan Motifora. (Cia)

 

 

 

Komentar