Permudah Layanan Kesehatan Masyarakat, Badung Sinergikan BPJS dengan KBS

PENGHARGAAN- Dukungan Pemerintah Kabupaten Badung bersinergi dengan pemerintah pusat di bidang kesehatan yang berbuah penghargaan dari Pemerintah Pusat melalui BPJS Pusat beberapa waktu lalu.

BADUNG - Turunnya aturan baru dari Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan yang menyatakan sejumlah layanan BPJS dikurangi, sepertinya bukan menjadi halangan bagi Pemda Badung untuk memberikan kemudahan bagi masyarakatnya.

Bahkan Pemda Badung siap akan mensinergikan layanan BPJS dengan Kartu Badung Sehat (KBS) agar tidak menjadi permasalahan dalam memberikan layanan kesehatan masyarakat Badung.

Tiga aturan BPJS yang baru yakni Peraturan Direktur Jaminan Pelayanan Kesehatan Nomor 2 Tahun 2018 Tentang Penjaminan Pelayanan Katarak Dalam Program Jaminan Kesehatan, Peraturan Direktur Jaminan Pelayanan Kesehatan Nomor 3 Tahun 2018 Tentang Penjaminan Pelayanan Persalinan Dengan Bayi Lahir Sehat, dan Peraturan Direktur Jaminan Pelayanan Kesehatan Nomor 5 Tahun 2018 Tentang Penjaminan Pelayanan Rehabilitasi Medik.

Bupati Badung, Nyoman Giri Prasta melalui Kabag Humas Setkab Badung, Putu Ngurah Thomas Yuniartha, mengatakan,  meskipun ada atauran baru dari pihak BPJS, Kabupaten Badung sudah melakukan sinergi antara BPJS dengan KBS.

“Anggaran yang disediakan untuk kesehatan tahun 2018 mencapai 624 miliar lebih  dan untuk pendambingan BPJS dengan program KBS  sebesar 100 miliar lebih yang terdiri dari anggaran premi JKN dan anggaran manfaat tambahan JKN,” ujar Thomas Rabu (1/8).

Lebih lanjut Thomas Negatakan, Sinergi yang dilakukan pemerintah Kabupaten Badung sesuai dengan aturan yakni Inpres nomor 8 tahun 2017 tentang optimalisasi  pelaksanaan  program  Jaminan  Kesehatan Nasional (JKN).

“Bagian ke 10 poin 3 dalam aturan tersebut berbunyi memastikan  bupati dan walikota mengalokasikan anggaran dalam  rangka  pelaksanaan program jaminan kesehatan nasional,” ujar mantan Camat Abiansemal tersebut. 

Kesiapan Kabupaten Badung dalam menjamin masyarakat dalam bidang kesehatan ini juga sudah diakui oleh pemerintah pusat dengan Badung memperoleh Universal  Health Coverage JKN-KIS Award 2018.

“Penghargaan ini merupakan penghargaan tertinggi yang dicapai Pemerintah Kabupaten Badung dibidang Kesehatan dan pencapaian program kartu Indonesia sehat yang disenergikan dengan Kartu Badung sehat (KBS). Kami berharap masyarakat Kabupaten Badung akan tumbuh menjadi insan yang sehat dan kuat untuk membangun Badung kedepan," jelasnya. (LBC)

 

 

 

 

Komentar