Wabup Artha Dipa Buka Pelatihan Kader PKTP Kabupaten Karangasem

foto : istimewa

KARANGASEM - Wakil Bupati Karangasem I Wayan Artha Dipa membuka pelatihan Kader Penanggulangan Kanker Terpadu Paripurna (PKTP) Kabupaten Karangasem di Aula Dispustaka Karangasem. Rabu (1/8/2018).

Wabup Artha Dipa mengatakan, abad 21 masalah kanker merupakan masalah internasional, sebagai salah satu penyakit progresif yang berakhir dengan kematian. Untuk itu, diperlukan pola pengenalan penyakit kanker sejak usia dini dengan melaksanakan program PKTP di sekolah-sekolah, dengan tujuan meningkatkan lingkungan sehat di sekolah, Menumbuhkan partisipasi budaya hidup sehat di sekolah, dan menciptakan interaksi harmonis di sekolah dan menciptakan lingkungan bebas kanker. 

Untuk mendukung pelaksanaan kegiatan PKTP di Kabupaten Karangasem maka Yayasan Kanker Indonesia (YKI) Cabang Karangasem pada hari ini melaksanakan pelatihan PKTP dengan peserta Ketua PKTP se-Kab. Karangasem, Bidan Puskesmas, Ketua Tim Penggerak PKK se-Kab. Karangasem beserta Guru/Sekolah binaan PKTP. 

Tujuan lain dari pelatihan ini sekaligus memberi pembekalan dan meningkatkan kompetensi bagi peserta yang merupakan Tim PKTP Tingkat Kecamatan yang nantinya selaku pembina di wilayah kerjanya sehingga kegiatan PKTP yang merupakan pelopor utama bergeraknya program peduli Kanker sejak beberapa tahun yang lalu.

“Semoga kegiatan ini bisa membantu menurunkan angka prevalensi penyakit kanker yang persentase orang yang mengidap penyakit kanker dari tahun ke tahun semakin meningkat,” ungkap Wabup Artga Dipa.

Pada tahun 2017 kegiatan YKI Cabang Karangasem disamping melaksanakan pelatihan, juga sudah melaksanakan lomba _ dalam rangka pelaksanaan kegiatan Penanggulangan Kanker Terpadu Paripurna (PKTP) Program Sekolah Kategori SD, SMP, dan SMA Tingkat Kabupaten Karangasem. 

Lomba tersebut sangat bermanfaat karena dapat memasyarakatkan penanggulangan kanker secara dini dan melalui kegiatan lomba diharapkan siswa mampu memahami tentang penyakit kanker serta usaha-usaha yang hendak dilakukan dalam rangka pencegahan. 

Peserta pelatihan terdiri dari tim penggerak PKK Kabupaten Karangasem (PORJA IV)  berjumlah 4 orang,  Puskesmas se-Kabupaten Karangasem masing-masing 1 orang beejumlah 12 orang. Tim penggerak PKK Kecamatan se-Kabupaten Karangasem (POKJA IV)  masing-masing 2 orang berjumlah 16 orang dan jumlah keseluruhan 32 orang. 

Waktu dan tempat pelatihan akan dilaksananan selama 3 hari mulai tanggal 01 – 03 Agustus 2018. Pelatihan dipusatkan di sekreariat PKK Kabupaten Karangasem.

Materi pelatihan yang akan diberikan menyangkut kebijakan pemerintah daerah terhadap penanggulangan kanker terpadu paripurna, kebijakan pencegahan dan pengendalian pengakit tidak menular, hidup sehat tampa rokok, pengorganisasian, pola hidup sehat untuk mencegah kangker, deteksi dini kangker dan tehnik pengambilan pap smear, kangker nasofarinx, program pencegahan dan pengendalian penyakit kangker dan kelainan darah. Pelaksanan kegiataan ini sendiri bersumber dari dana APBD Karangasem tahun 2018.

Sejumlah nara sumber juga akan megisi kegiatan tersebut, yakni  Bupati IGA Mas Sumatri selaku pelatih dan narasumber, dr. I Gusti Bagus Putra Pratama, I Ketut Subawa, I Ketut Kumara SKM, dr. I Gede Parawata Yasa SpOG, dr  I Made Yoga Sp.THT, dr. Gede Darma Kusuma SpB, dr. I Ketut Budiarta,  dr. Sinar Hartanto SpPD, dr. Harry Wijaya, I Wayan Sutama Punia M.Kes,  dr. Wawan Nariata SsPD, I Dewa Ayu Mas Suarthini S.Sos,  dan Nyonya Sukerti Patra. (*Oke)

Komentar