Ribuan Warga Ikuti Senam AW S3 Dengan Riang Gembira

Para peserta Senam AW S3 nampak anusias mengikuti dipandu Mastro Andre Wongso di lapangan Bali International BITDec, Pantai Nyanyi, Beraban, Kediri, Tabanan. Sabtu (28/7). Foto : LB.Com

TABANAN – Ribuan warga dengan senang gembira mengikuti senam AW S3 (Sehat, Semangat, Senang) yang digelar Keluarga Perhimpunan Indonesia Tionghoa (INTI) Bali. Di Bali, senam ringan ini mulai banyak digandrungi berbagai kalangan mulai anak muda hingga kaum lansia.

Senam massal AW S3 ini digelar di lapangan Bali International Schol (BITDec), jalan Pantai Nyanyi, Beraban, Tabanan. Sabtu (28/7) sore. Dengan semangat dan penuh kegembiraan para peserta yang berjumlah hampir 2 (dua) ribu orang megikuti tahapan gerakan senang ringan tersebut.

Selain irama music gembira, pihak INTI Bali juga sengaja menghadirkan sang pencipta yakni Master Andre Wongso dan semakin menambah semangat para peserta hingga berjam-jam lamanya bersenam ria menggerakkan seluruh organ tubuh.

Selama ini, pihak INTI Bali terus menggelorakan semangat gemar berolah raga lewat senam sederhana di Bali, meski sudah banyak dikenal di Indonesia bahkan hingga ke mancanegara. Alasannya, selain mengkampanyekan hidup sehat, senam ini juga bisa dilakukan dengan mudah dan tidak membutuhkan waktu lama.

                                  

Artinya cukup dengan 150 – 250 gerakan dalam se hari, dijamin gangguan berbagai penyakit akan hilang  dan sembuh dengan sendirinya, terlebih lagi saat kondisi umur sudah menua alias lansia.

Dibawah arahan Andre Wongso, para peserta diinstruksikan melakukan beberapa gerakan pemanasan terlebih dahulu kemudian melakukan gerakan senam AW S3 diiringi musik dengan penuh kegembiraan.

Dalam prakteknya, senam ini menyasar persendian dan urat-urat yang selama ini tidak tersentuh agar kembali normal. Dan lewat gerakan senam  ini bisa kembali pulih sehingga tidak perlu berobat mahal ke dokter.

                                                                

“Tujuan senam AW S3 ini  yaitu ingin menertibkan dan mempolakan hidup sehat di kalangan masyarakat sehingga senamini bisa bertahan lama di Bali bahkan di seluruh Indonesia,” ungkap Ketua Pengurus Daerah INTI Bali, Sudiarta Indrajaya atau akrab di panggil Pak Sin menjelaskan di tengah tengah acara kemarin.

Selain ingin menkampanyekan hidup sehat di Bali, Sudiarta juga berencana akan mengembangkan jenis senam AW S3 ini di pulau Dewata sebab sudah memproleh dukungan atau lampu hijau dari pengrus INTI Pusat.

Di Bali, sederet nama pengurus bahkan siap  mensupport kegiatan senam ini  dan akan diberi nama dengan INTI Club Sehat Bali diantaranyaDr Ir Frans Bambang Siswanto MM, Pembina Wiratni, I Nyoman Santiawan, Limanuel Kartika, Prof Dr Ir Anastasia Sulistyawati,MS,MM,MMis,D.Th,D.Par, P.hD dan Prof.Dr Ir I Wayan Windia, MS, Chandra Salim.

"Melalui INTI Club Bali Sehat, kami akan kembangkan senam ini dengan disuport para senior seperti Pak Frans Bambang, Prof Windia dan senior lainnya," urainya.

Meski belum dideklarasikan, namun gaung senam AW S3 ini bahkan sudah menggema hingga ke pelosok desa. Itu terbukti dari banyaknya groups groups kecil di tengah masyarakat yang sudah rutin melakukan senam AW  S3 ini.

Untuk itu, jelasnya, lewat INTI Bali, pihaknya ingin semakin mempopulerkan berikut menggelorakan kegamaran masayarakat di kalangan masyarakat Bali bahkan menjadi salah satu pola hidup sehat secara berkalanjutan. (Cia)

Komentar