Berkas Pencalegan Partai Garuda Ditolak

foto : istimewa

TABANAN – Akhir waktu pendaftaran Bacaleg sejumlah parpol resmi berakhir Selasa dini hari kemarin.  Hasilnya, satu parpol yakni partai Garuda terpaksa ditolak pihak KPU Tabanan karena sejumlah alasan.

Menurut Ketua KPU Tabanan, Luh Darayoni, ditolaknya berkas pancalegan Partai Garuda disebabkan syarat pencalonan tidak terpenuhi. Mustinya, berkas diajukan oleh Pimpinan Parpol bersangkutan, namun justru yang hadir malah sekretaris parpol Garuda, tanpa ada keterangan resmi dari ketua parpol bersangkutan.

Pihak KPU Tabanan juga menemukan dalam berkas pencalonan tidak dilengkapi stampel parpol sehingga syarat pemenuhan pencalegan dinilai masih kurang. Meskipun sudah diberikan waktu untuk melengkapi, namun Partai Garuda belum bisa melengkapi kelengkapan berkas hingga akhir masa pendfataran berakhir.

“Partai Garuda ditolak karena syarat-syarat yang diajukan belum lengkap hingga akhir masa pendaftaran,” tutur Darayoni, Rabu (18/7).

Selain satu parpol ditolak, empat parpol lainnya di Tabanan dinilai absen dalam helatan Pemilu Legislatif (Pileg) 2019 mendatang, karena alasan tidak mendaftar ke KPU Tabanan.  

Ke empat parpol tersebut yakni PKPI, PAN, PKB, dan PBB. Belum diketahui penyebab tidak hadirnya jajaran pengurus ke empat parpol ini sehingga tidak hadir menyetorkan berkas Bacaleg mereka ke KPU Tabanan.

Dari 16 Parpol yang lolos verifikasi, hanya 11 (sebelas) parpol yang telah mendaftarkan bacalegnya ke KPU Tabanan,  yakni PDIP, Nasdem, Gerindra, PSI, PKS, PPP, Golkar, Perindo, Hanura, Demokrat dan Partai Berkarya.(Cia)

Komentar