Media Berita Online Bali Terkini, Kabar Terbaru Bali - Beritabali.com

Puluhan Sopir Cek Kesehatan Gratis

Foto : Liputan Bali. Com

TABANAN – Puluhan sopir truk dan bus menjalani cek kesehatan gratis di kawasan Rest Area, Desa Selabih, Selemadeg Barat, Tabanan. Rabu Siang (18/7). Hal ini sengaja digelar jajaran aparat Mapolres Tabanan guna meminimalisasi tingkat kecelekaan yang selama ini kerap terjadi.

Kegiatan ini melibatkan puluhan personil, berikut melibatkan aparat Dinas Perhubungan Tabanan dan tim medis. Satu-persatu para sopir yang sebelumnya diminta berhenti diarahkan untuk cek kesehatan.

Selain memeriksa kesehatan para sopir antar pulau ini, petugas juga memeriksa tekanan darah yang umumnya kerap dialami para sopir yang diduga akibat kurang tidur selama dalam perjalanan.

Faktor kesehatan yang kurang baik disinyalir salah satu penyebab kerap terjadinya kecelakaan di wilayah hukum Mapolres Tabanan sehingga menjadi atensi petugas.

                               

“Beberapa sopir mengalami tekanan darah cukup tinggi sehingga dikhawatirkan bisa menyebabkan kecelakaan,” urai Kapolres Tabanan, AKBP Sinar Subawa di tengah-tengah kegiatan.

Dijelaskan, selain kondisi sopir yang kurang fit, kondisi jalan yang berkelok ditenggarai penyebab tingginya angka kecelakaan, terutama di jalur Denpasar – Gilimanuk, ditambah truk memuat muatan berlebih, sehingga truk mundur ke belakang bahkan terbalik.  

Untuk itu, dirinya berharap, para sopir tetap menjaga kondisi agar tetap bugar, dan jika merasa capek maka bisa beristirahat di sejumlah 'rest area' yang ada. Para sopir juga disarankan tidak memuat beban berlebih di atas kendaraan sebab selain melanggar juga bisa menyebabkan semakin mudahnya terjadi kecelakaan.

                                        

Usai menjalani cek kesehatan gratis, para sopir diberikan obat-obatan berupa vitamin agar kembali bugar melanjutkan perjalanan, sementara bagi sopir yang merasa kelelalahan dalam perjalanan disarankan untuk beristirahat sejenak.

Selain merupakan upaya edukasi bagai para sopir, Sunar Subawa juga menegaskan, kegiatan serupa akan rutin digelar demi terwujudnya keselamatan berlalu lintas di wilayah hukum Mapolres Tabanan.

“Para sopir harus dalam kondisi prima, untuk itu kegiatan akan rutin kami gelar demi keselamatan para sopir dan masyarakat pengguna jalan lainnya,” tutupnya. (Cia)

Komentar