67 Siswa Calon Paskibraka Karangasem Resmi Berlatih

Foto : Ist/Hms

KARANAGASEM  - Sebanyak 67 siswa-siswi berbagai sekolah menengah di Karangasem resmi berlatih menjadi Pasukan Pengibar Bendera (paskibraka). Puluhan siswa ini dipersiapkan terkait  perayaan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia 17 Agustus mendatang.

Pelatihan akan dilakukan dalam satu bulan ke depan dengan harapan para peserta bisa menjadi seorang Paskibra yang tangguh. Pembukaan pelatihan perdana para paskibraka ini ditandai dalam upacara yang diadakan oleh Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olah Raga Pemkab Karang yang digelar di Lapangan Tanah Aron , Amlapura, Karangasem. Rabu (11/7).

Para Siswa ini akan dilatih oleh Kapten Infantri  I Wayan Suatma dari unsur Kodim 1623 dan 4 orang pelatih diantaranya Peltu I Nyoman Sawitra, Pelda I Ketut Ngenteg, Serma I Komang Pujawan, Serda I Ketut Catur.

Kadisdikpora Karangasem, I Gusti Ngurah Kartika, selaku inspektur upacara dalam arahannya mengatakan, seperti yang telah kita ketahui bersama bahwa perjalanan sejarah perjuangan Bangsa Indonesia yang panjang dalam meraih Kemerdekaan tidak bisa dilepaskan dari jasa-jasa para Pahlawan dan seluruh rakyat  Indonesia tidak terkecuali oeran pemuda, untuk memberikan makna yang lebih dalam akan arti penting sebuah momentum sejarah, kita perlu mereaktualisasikan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya.

"Reaktualisasi jiwa dan semangat Kemerdekaan harus dimaknai sebagai upaya serius dalam menjaga integritas, karakter bangsa dan semangat nasiona|isme," Ucap Kartika

Kartika juga mengatakan, Penyelenggaraan Pelatihan Paskibraka adalah merupakan salah satu upaya dalam membangun karakter bangsa seperti yang diuraikan di atas. Pasukan Pengibar Bendera Pusaka Tingkat Kabupaten akan menjalankan tugasnya mengibarkan duplikat Bendera Pusaka dalam Upacara Bendera Peringatan Detik-detik Proklamasi Republik Indonesia yang ke-73 Tahun 2018 di tingkat Kabupaten.

Dan di hadapan saya telah berdiri dengan gagahnya Pemuda Pemudi Terbaik Kabupaten Karangasem dalam Pasukan Pengibar Bendera Pusaka Tingkat Kabupaten yang merupakan hasil Seleksi Ketat yang telah kami Iaksanakan beberapa bulan yang lalu.

"Dan melalui Tag line The Spirit of Bali mari kita bersama sama mengobarkan api semangat membangun Karangasem dan memupuk jiwa kebersamaan dalam mewujudkan Karangasem yang Cerdas, Bersih dan Bermartabat Berlandaskan tri Hita Karana," Imbuh Ngurah Kartika. (*/Cia)

Komentar