Media Berita Online Bali Terkini, Kabar Terbaru Bali - Beritabali.com

Bupati Mas Turun Tenangkan Warga Pengungsi

Bupati Mas Sumatri disela-sela kerumunan pengungsi di Banjar Pesangkan. Desa Duda Timur, Selat. Karangasem. Senin (2/7). Foto : Ist

KARANGASEM – Bupati Karangasem, IGA Mas Sumatri turun langsung ke lokasi pengungsi guna menenangkan warga di pengungsian. Ratusan pengungsi sejak Senin malam sudah melakukan pengungsian ke sejumlah Banjar di Karangasem.

Dalam kunjungannya di lokasi pengungsi di Banjar Pesangkan, Desa Duda Timur, Kecamatan Selat, Karangasem, orang nomor satu di Karangasem ini meminta warga  untuk tetap tenang meski Gunung Agung kembali erupsi.

“Kami harap semua warga untuk tetap tenang, semuanya pasti akan berlalu,” ujarnya ditengah –tengah pengungsi Senin (2/7) malam.

Selain menenangkan pengungsi, Bupati Mas juga menegaskan bahwa pemerintah siap membantu para pengungsi selama di pengungsian karena sudah mengantisipasi dampak erupsi Gunung Agung sejak jauh hari.

Upaya bantuan tersebut akan disinergikan dengan sejumlah Pemda di Bali disamping terus menerus melakukan upaya kordinasi dengan pihak Pemerintah Provinsi Bali untuk bantuan pengungsi baik logistic hingga bantuan kesehatan.

Di Banjar Pesangkan, jumlah pengungsi diketahui sebanyak 167 orang dan diperkirakan akan terus meningkat mengingat fluktuasi Gunung Agung yang terus berubah. Sejumlah Banjar lainnya juga telah didatangi pengungsi umumnya warga yang berada di radius terdekat Gunung Agung.

Sebelumnya, Senin malam sekiar 21.04, Gunung Agung mengalami erupsi dan melontarkan lava pijar hingga membakar kawasan hutan di sekitar lereng. Kondisi itu sempa membuat panic warga sehingga memutuskan untuk mengungsi.

Sejauh ini, status Gunung Agung masih level 3 (siaga) dan warga dilarang melarang aktifitas apapun lebih kurang 4 (empat)  kilometer dari kawah gunung. (*/Cia)

Komentar