Karya Tawur Balik Sumpah Pura Lingga Bhuwana, Bupati Giri dan Suiasa Sembahyang Bersama

Bupati Giri Prasta bersama Wabup Suiasa dan Ketua DPRD Putu Parwata disaat menghadiri Rangkaian Karya padudusan Agung Menawa Ratna Medasar Tawur Balik Sumpah di Pura Lingga Bhuwana Puspem Badung, Senin (25/6) kemarin.

BADUNG - Serangkaian Karya padudusan Agung Menawa Ratna Medasar Tawur Balik Sumpah di Pura Lingga Bhuwana Puspem Badung, Senin (25/6) kemarin dilaksanakan Tawur Balik Sumpah.

Upacara ini dipuput oleh empat sulinggih diantaranya Ida Pedanda Gede Buruan Griya Darmasaba, Ida Pedanda Putra Sidemen GriyaGede Sidemen Taman, Ida Pedanda Gede Jelantik Giri Canthi Citra Griya Jadi Tabanan dan Jro Gede Sengguhu Tumburuwasa dari Jero Gede Banjar Lambing Sibangkaja.

Hadir pada kesempatan tersebut Bupati Badung I Nyoman Giri Prastabeserta istri, Wakil Bupati Badung Ketut Suiasa beserta istri, Ketua DPRD Badung Putu Parwata beserta istri, Sekda Badung Adi Arnawa serta jajaran OPD dilingkungan Pemkab Badung. Pada kesempatan tersebut Bupati Giri Prasta bersama jajaran melaksanakan persembahyangan bersama.

 Ketua PanitiaTawur Balik Sumpah IB. Basma melaporkan karya Tawur Balik sumpah Madya ini dilaksanakan setiap 10 tahun sekali sesuai dengan purana Pura Lingga Bhuana, karya serupa juga dilaksanakan di tahun 2008. Pada kesempatan ini pelaksanaan tawur balik sumpah dipuput oleh 4 sulinggih dari Tri Sadhaka, Rsi Bujangga, Budha dan Siwa.

Adapun sarana prasarana yang dipakai dalam upacara ini menggunakan seekor sapi, terkait rangkaian karya, nanti puncaknya dilaksanakan pada purnamaning kasa pada 28 juni yang akan datang pada saat itu Ida Bhatara nyejer selama 3 hari dan dilaksanakan kegiatan mepasaran ida tedun kebalai peselang.

Lebih lanjut disampaikan pelaksanaan karya ini tujuannya tiada lain untuk menyampaikan rasa terima kasih karena sudah diberikan berkah oleh Ida Sang Hyang Widhi Wasa selama 10 tahun melaksanakan kegiatan sudah berjalan dengan baik dan lancar. (LBc)

Komentar