Media Berita Online Bali Terkini, Kabar Terbaru Bali - Beritabali.com

Jelang Pilgub Bali, KPUD Karangasem Mulai Genjot Pelipatan Kertas Suara

Suasana para buruh lipat kertas suara Pilgub Bali di Gor Gunung Agung Amlapura. Jumat (1/6). Foto: Oke

KARANGASEM - Jelang pencoblosan Pilgub Bali  membuat jajaran KPUD Karangasem bersiap diri. Pelipatan kertas suara pun mulai dilakukan. Sebanyak 135 tenaga lipat dikerahkan untuk menuntaskan ribuan surat suara yang ditarget harus rampung selama 5 (lima) hari ke depan.

 Pelipatan surat suara mulai di lakukan Jumat (1/6) yang di pusatkan di Gor Gunung Agung Amlapura. 135 buruh lipat tersebut merupakan para buruh yang sudah berpengalaman melipat kertas suara dan terdiri dari berbagai usia. Pelipatan mulai pukul 08.00 wita.

Pelipatan pertama kemarin para buruh mendapat arahan langsung dari Ketua KPU Karangasem I Made Arnawa. Mereka diberikan pemahaman dalam melipat kertas suara sekaligus juga menyortir kertas suara yang rusak termasuk cetakan kabur dan sobek juga ternoda.

“Kita sudah berikan pemahaman mereka agar benar benar memperhatikan dalam melipat kertas suara nantinya,” ujar Arnawa. Surat suara yang rusak seperti sobek, kabur, kena tinda dan nona lainya agar di pisahkan dan dilaporkan kepada pengawas.

Sementara itu waktu pelipatan memang dikasi target sampai lima hari. Namun untuk di Karangasem Arnawa optimis bisa selesai dalam waktu tiga hari. Ini karena para buruh yang di libatkan sudah berpengalaman dan sudah sering melipat kertas suara di KPU.

Sementara selaian melipat kertas suara kemarin juga ada dua kegiatan lainya yang dilakukan bersamaan. Yakni verifikasi factual pendukung balon DPD RI, pelantikan Ketua KPPS di tiga kecamatan yakni Karangasem, Sidemen dan Abang.  sementara untuk kerja labih bagus, buruh yang bertugas melipat kertas suara dibagi dalam 14 kelompok. Dimana masing masing kelompok ada penanggung jawanya.

Surat suara yang sudah di lipat tersebut kemudian akan di ikat masing masing 25 surat suara. Kemudian di bungkus plastic dan akan di simpan di Gor Gunung Agung. Sementara proses memasukan surat suara dalam kotak baru akan dilakukan H-7 pencobosan. Pemasukan nanti akan bersmaaan dengan masuknya logistic lainya seperti tinta, ball poin dan juga perlengkapan lainya.

Sementara di Karangasem ada 386.633  lembar surat suara. “Ini sudah termasuk surat suara cadangan,” ujarnya. sementara surat suara yang rusak akan di laporkan dan diminta pengantinya. Sedangkan surat suara yang rusak akan di musnahkan sesuai dengan ketentuan. Pemusnahan akan dilakukan sebelum pencoblosan. (Oke)

Komentar