Media Berita Online Bali Terkini, Kabar Terbaru Bali - Beritabali.com

Sambut PKB ke 40, Tabanan Siap Hadirkan Ribuan Seniman

foto : istimewa

TABANAN -  Pesta Kesenian Bali (PKB) ke 40 (empat puluh) akan kembali di gelar pada tanggal 23 Juni hingga 21 Juli 2018 mendatang dengan  tema “Teja Dharmaning Kauripan” yang artinya Api Spirit Penciptaan. Dalam PKB ke-40 Kabupaten Tabanan telah menyiapkan berbagai kesenian terbaik daerah yang siap dipentaskan dalam ajang tahunan tersebut.

Hal tersebut terungkap dalam Rapat Pleno PKB Ke-40 Tabanan, di Ruang Rapat Kantor Bupati Tabanan. Kamis (24/5).  Sebanyak 22 materi/cabang seni yang melibatkan ribuan seniman siap ditampilkan.

Kepala Bidang Kesenian Kabupaten Tabanan yang juga Ketua Panitia kegiatan I Wayan Muder mengungkapkan pihaknya memprioritaskan materi yang bergengsi dalam ajang PKB ke-40 tersebut. 

“Kami siap menampilkan 22 materi antara lain gong kebyar dewasa, wanita dan anak-anak, pawai, tembang girang, balaganjur anak-anak, topeng bondres, wayang babad dalang,  ngelawang, dramatari arja, lomba kerajinan, gender wayang remaja, workshop dan lomba PKK, nyastra, janger klasik, topeng panca klasik, lagu pop daerah bali, jogged Bumbung tradisional, gamelan inovatif, lomba foto dan penghargaan seni. Total ribuan seniman yang terlibat di dalamnya," ungkapnya. 

Dijelaskannya pelaksanaan PKB tahun 2018 terdiri dari tingkat Kabupaten dan Tingkat Provinsi. Untuk tingkat kabupaten akan berlangsung 3 Juni hingga 4 juni di Panggung terbuka Garuda Wisnu Serasi (GWS) sementara untuk Tingkat Provinsi berlangsung pada 23 Juni hingga 21 Juli. 

“PKB tingkat kabupaten akan dilaksanakan lebih dahulu yakni 3-4 Juni di GWS Tabanan, untuk tingkat provinsi PKB dengan materi pokok parade, lomba, pagelaran dan pameran akan berlangsung pada 23 Juni sampai dengan 21 Juli yang dipusatkan di Taman Budaya Art Center. ” ungkapnya.

Dirinya mengungkapkan untuk PKB Tingkat Kabupaten akan menampilkan parade, pagelaran, lomba, pameran dan kuliner khas Tabanan. Acara tersebut akan dibuka langsung oleh Ibu Bupati Tabanan. 

“Berbagai materi akan kami tampilkan sekaligus sebagai persiapan kami ke ajang PKB Provinsi nanti. Seperti parade yang meliputi parade gong kebyar anak-anak, remaja/dewasa, wanita, jogged bumbung dan ngelawang. Selain itu juga akan ada pagelaran, lomba, pameran foto dan seni rupa dan stand kuliner khas Tabanan,”ucapnya. 

Dirinya menambahkan, persiapan PKB ini sudah dilaksanakan dari januari lalu, dan sampai saat ini semangat  para partisipan/pelaku-pelaku seni sangat luar biasa untuk membawa nama baik Tabanan. 

“Tahun lalu Tabanan berhasil mendapat beberapa juara seperi juara 3 untuk tembang girang dan juara harapan untuk balaganjur. Tahun ini kami menargetkan untuk meraih hasil yang lebih baik lagi,” imbuhnya. 

Sementara itu Asisten I Setda Kabupaten Tabanan I Wayan Yatnanadi yang hadir pada acara tersebut memberikan beberapa arahan terkait penyelenggaraan PKB ke-40 di Tabanan dan juga provinsi. Pihaknya berpesan agar para seniman yang tampil membangun kebersamaan dan bangga terhadap kesenian yang ditampilkan. 

“Kita harus bangga, karena kita akan menampilkan kesenian-kesenian terbaik Tabanan. Bangun juga kebersamaan dengan tim-tim yang terlibat dalam kegiatan, dan yang terpenting sesuaikan apa yang ditampilkan dengan tema,” ujarnya. 

Pihaknya juga memberikan apresiasi kepada Dinas Kebudayaan dan semua pihak yang terlibat dalam kegiatan ini. Dirinya berpesan agar terus menjalin komunikasi dan koordinasi sehingga PKB yang berlangsung di Kabupaten dan juga provinsi dapat berjalan dengan baik dan sukses. 

“Terima kasih kepada semua pihak yang ikut berpartisipasi. Meskipun persiapannya sudah sangat baik namun ingat selalu jalin komunikasi dan koordinasi. Kita harus bekerja komprehensif, dan perhatikan kemanan dan kebersihan pada saat penyelenggaraan nanti,” imbuhnya. (Hms/Cia)

Komentar