Ingin Rasakan Khasnya Papua, Kunjungi Pameran Danau Sentani di ITIC Kuta

foto : istimewa

BADUNG – Bersamaan dengan launching Festival Danau Sentani ke XI (sebelas) yang digelar di Gedung Indonesia Tourism Information Center (ITIC) di Jalan Raya Kuta, Senin malam (7/5). Serangkaian acara pameran juga digelar penyelenggara. Berbagai barang seni dan kerajinan khas Papua dipajang sekaligus  memanjakan pengunjung yang hadir.

Penyelenggara memang sengaja menampilkan berbagai kekhasan Bumi Cendrawasih tersebut agar pengujung bisa mengenal lebih jauh dengan ke aneka ragaman dan budaya tanah Papua.

Sebut saja, aneka foto tentang keseharian masyarakat Papua mulai dari foto produksi sagu, foto kegiatan melukis dan aneka foto lainya. Bukan hanya itu, berbagai hasil seni pahat berupa patung, hasil rajutan papua juga bisa diliat lebih dekat.

Kegiatan wanita Papua sedang merajut noken pun bisa dilihat secara langsung. Menggunakan benang berbahan kayu, pengunjung juga bisa bertanya langsung dengan leluaasa. Menariknya, penyelenggara juga menyiapkan aneka pakaian talent khas papua untuk dipakai berswa foto bersama dengan penari khas papua.

                                               

“Kami sengaja mempersiapkan ajang pameran ini dengan seksama, agar pengunjung bisa melihat sekaligus merasakan kekhasan masyarakat Papua,” ujar penyelenggara, Reno Permana didamping Hiro pengelengara lainnya.

Ajang pameran sendiri akan digelar hingga tanggal 9 Mei ini yang diharapkan bisa memperkenalkan Budaya Papua sekaligus menarik mereka berkunjung saat pegaleran Festival Danau Sentani 19-23 Juni mendatang.

Mengangkat tema “Khenambai Umbai. Satu hati, satu jiwa. Untuk Indonesia”, Festival Danau Sentani tersebut juga diharapkan sebagai momentum bangkitnya Pariwisata Kabupaten Jayapura.

Penyelenggaraan  acara tahunan Festival Danau Sentani ini ini adalah sekaligus menjadi upaya penting yang telah dilakukan Pemerintah Kabupaten Jayapura untuk mempromosikan potensi kekayaan dan keindahan alam, serta keunikan budaya yang dimiliki,  dan sekaligus mengukuhkan Kabupaten Jayapura sebagai salah satu destinasi tujuan wisata di timur Indonesia.

Danau Sentani merupakan danau kebanggan Kabupaten Jayapura yang berada tepat di lereng Pegunungan Cagar Alam Cycloops. Danau Sentani terbetang dengan luas sekitar 9.360 hektar, serta berada di ketinggian 75 mdpl. Danau yang menjadi ikon Festival Danau Sentani juga sekaligus merupakan danau terluas di Papua. Sebanyak 21 pulau kecil dengan lanskap alam yang memikat, tersebar di danau yang terbentang antara Kota Jayapura dan Kabupaten Jayapura.

Dengan perkembangan kabupaten, Danau Sentani berangsur menjadi objek wisata yang mudah dijangkau karena terletak sekitar 20 menit dari Bandara Sentani.

Rangkaian acara Festival Danau Sentani XI akan dibuka secara resmi tanggal 19 Juni 2018, telah berlangsung sejak tahun 2007 secara rutin, sekaligus menjadi agenda pariwisata tahunan Pemerintah Kabupaten Jayapura.

Pelaksanaan tahun ini akan menyuguhkan sejumlah acara unggulan, dan direncanakan melahirkan berbagai festival-festival kecil diantaranya Festival Sagu Papua, Festival Pawai Budaya, Pagelaran Festival Musik Danau, Festival Kopi Papua, serta kegiatan lainnya seperti; Expo Kuliner, Pertunjukan Budaya dan Pameran UMKM. Keseluruhan rangkaian acara akan dipusatkan di Pantai Khalkote,  Kabupaten Jayapura.

Sedangkan acara puncak yang akan digelar tanggal 23 Juni 2018, Acara puncak ini akan menjadi wujud kontribusi dan kecintaan warga Kabupaten Jayapura, karena akan melibatkan pelajar dari berbagai penjuru Kabupaten Jayapura. Mereka telah berlatih selama 1 bulan penuh, untuk mempersembahkan gelaran terbaik bagi kota mereka tercinta melalui “Tari Kolosal_Khenambai Umbai”. Acara puncak juga akan digelar dengan menampilkan kombinasi video mapping untuk pertama kalinya di Tanah Papua. (Cia)

Komentar