Festival Danau Sentani XI Siap Manjakan Wisatawan

Foto : Liputan Bali. Com

BADUNG – Festival Danau Sentani resmi digelar Pemerintah Kabupaten Jayapura, Papua. Pagelaran ke xi (sebelas) ini akan digelar sejak 19 – 23 Juni 2018 mendatang. Lanching sendiri digelar di kawasan Kuta, Senin malam (8/5) dihadiri sejumlah elemen pariwisata Bali.

Dipilihnya Bali sebagai media promosi dikarena Pulau Dewata merupakan tujuan utama wisatawan baik lokal maupun domestic. Tentunya dengan harapan, wisatawan bisa berkunjung saat festival digelar, bahkan siap memanjakan wisatawan dengan ke elokan alam dan seni budaya.

Bertempat di Gedung Indonesia Tourism Information Center (ITIC) di Jalan Raya Kuta, Badung,  Festival Danau Sentani,  kali ini mengangkat tema utama “Khenambai Umbai. Satu hati, satu jiwa. Untuk Indonesia”. 

Event tahunan ini, merupaka bagian dari Pemda Jayapura dalam mempromosikan sekaligus mengukuhkan Kabupaten Jayapura sebagai wisata alternatif dan mutiara yang layak diperhitungkan dan menjadi bagian dari Pesona Indonesia  di Provinsi Papua. 

Danau Sentani merupakan danau kebanggan Kabupaten Jayapura yang berada tepat di lereng Pegunungan Cagar Alam Cycloops. Danau Sentani terbetang dengan luas sekitar 9.360 hektar, serta berada di ketinggian 75 mdpl. 

                               

Berbagai persiapan sudah dilakukan termasuk telah berlatih selama 1 bulan penuh, untuk mempersembahkan gelaran terbaik bagi kota mereka tercinta melalui “Tari Kolosal Khenambai Umbai”. Acara puncak juga akan digelar dengan menampilkan kombinasi video mapping untuk pertama kalinya di Tanah Papua

Festival Danau Sentani yang tahun ini menginjak tahun ke 11, merupakan jendela keragaman budaya serta keindahan alam Kabupaten Jayapura. Festival ini juga menjadi festival dan temu rakyat yang ditunggu-tunggu, untuk menampilkan beragam keunikan Kabupaten Jayapura melalui rangkaian musik, tari, adat istiadat, budaya kuliner, dan tur wisata dalam satu gelaran bergengsi. 

Wisatawan akan berkesempatan melihat beragam destinasi wisata dan keunikan kehidupan masyarakat Jayapura melalui paket-paket wisata yang dirancang agar menjadi etalase keindahan serta keunikan Jayapura. Selain itu, Festival Danau Sentani juga menjadi wujud pemeliharaan kesatuan dan persatuan,  harmoni dan menyatukan perbedaan di tanah Papua yang terdiri atas ratusan suku, namun tetap satu dibawah payung Indonesia yang tercinta.

Menteri Pariwisata, Arief Yahya mengungkapkan antusiasme terkait Festival Danau Sentani. Menurut Menteri, Danau Sentani adalah salah satu keajaiban alam yang paling menarik yang terletak di provinsi paling timur Indonesia. 

"Danau Sentani memang mengagumkan, semoga sukses di Festival Danau Sentani 2018 dan seluruh masyarakat di Jayapura," kata Menteri Arief Yahya.

Sementara itu, Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw SE. Msi, yang hadir langsung dalam Sentanilake Festival di Kuta, Bali ia menjelaskan, semoga launching di Bali kali ini bisa membuka pintu informasi bagi wisatawan kemudian bisa berkunjung ke festival danau sentani.

Diakui, Bali sebagai jendela dunia, amat terkenal didunia karena pariwisatanya. Untuk itu, dirinya berharap. Moment launching ini bisa disembark luaskan.

“Semoga bisa disebarluaskan, Bali merupakan daerah yang begitu dikenal karena pariwisatanya,” ungkapnya.

Selain ingin memperkenalkan Papua, Mathius juga menyatakan ingin belajar tentang pariwisata di Bali baik pengelolaan dan pemberdayaannya sehingga mampu menjadi sumber pendapatan asli daerah yang tak kalah dengan sector lainnya.

Bersamaan dengan launching tersebut, pihak panitia juga menggelar acara pameran yang akan digelar hingga 9 Mei mendatang. Berbagai kerajinan khas papua bisa dilihat seperti kerajinan dan lukisan asli menggunakan kayu.

Pengunjung pameran sekaligus juga bisa bermanja ria di lokasi sebab telah disiapkan talent pakaian tradisional Papua, face painting dan lainnya. (Cia)

Komentar