Media Berita Online Bali Terkini, Kabar Terbaru Bali - Beritabali.com

Bupati Eka Komitmen Tingkatkan Kualitas SAKIP di Tabanan

foto : istimewa

TABANAN -Bupati Tabanan Ni Putu Eka Wiryastuti mengajak seluruh jajarannya di Pemerintah Kabupaten Tabanan untuk serius meningkatkan kualitas Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) di Tabanan. Seperti diketahui nilai AKIP Pemkab Tabanan beberapa tahun belakangan memang mengalami kenaikan, namun kenaikan tersebut tidak signifikan.

Pada tahun 2016 Pemkab Tabanan meraih predikat B dengan nilai 60,07. di Tahun 2017 Pemkab kembali mendapat predikat B dengan nilai 62,47. Tahun 2018 ini Bupati menargetkan pihaknya dapat meningkatkan kualitas dan meraih predikat yang lebih baik lagi.  

Hal tersebut terungkap saat pihaknya melakukan audiensi di Gedung Kementrian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN- RB), Selasa (24/4). Turut  Hadir Wakil Bupati Tabanan I Komang Gede Sanjaya,  Ketua DPRD Tabanan, I Ketut Suryadi dan OPD terkait di Lingkungan Pemkab Tabanan. 

Bupati Eka mengungkapkan di tahun 2018 target yang ingin dicapai Pemkab Tabanan dalam pelaksanaan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah adalah predikat A,  dengan perolehan nilai 84. Target tersebut akan dilakukan dengan peningkatan 5 komponen penilaian yakni perencanaan kinerja, pengukuran kinerja, pelaporan kinerja, evaluasi kinerja dan capaian kinerja. 

“Kami akan bekerja keras agar dapat mencapai target yang ditetapkan. Saya berharap kepada seluruh  OPD untuk bersama-sama bekerja keras  dan maksimal sehingga predikat tersebut dapat kita raih. Penguatan SAKIP  akan dijadikan acuan untuk perbaikan akuntabilitas kerja ke depannya. Dari mulai perencanaan sampai proses penyusunan Laporan Kinerja Instansi Pemerintah (LKjIP),” ungkapnya.

Bupati Eka juga menambahkan dengan terlaksananya Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah Kabupaten Tabanan yang baik diharapkan dapat diimplementasikan dan memberikan manfaat langsung bagi masyarakat. Tak Lupa Bupati Eka juga mengucapkan terima kasih kepada pihak KemenPan-RB karena telah diterima dengan baik. 

“Terima kasih kepada pihak KemenPAN-RB yang telah menyambut audiensi kami dengan baik. Saya selaku Pemerintah Kabupaten Tabanan berkomitmen untuk membangun Tabanan menjadi lebih baik di tahun sebelumnya khususnya dalam SAKIP ini,” imbuhnya. 

Sementara itu Muhammad Yusuf Ateh selaku Deputi Bidang Reformasi Birokrasi Akuntabilitas dan Pengawasan KemenPAN-RB, yang juga menyambut Bupati Eka dan rombongan memberikan apresiasinya kepada Pemkab Tabanan dan seluruh jajarannya. 

“Saya memberikan apresiasi tinggi kepada Pemkab Tabanan yang telah hadir disini, bahkan ini baru pertama kali ada ketua DPRD yang ikut audiensi kesini,” ungkapnya. 

Pihaknya juga berpesan untuk meningkatkan semangat para para pekerja di Pemda Tabanan. Pihaknya juga akan siap membimbing. KemenPan-RB meluncurkan aplikasi e-SAKIP Reviu sebagai sarana pembinaan pelaksanaan akuntabilitas kinerja secara interaktif dengan komunikasi dua arah antara Pemda dengan KemenPan-RB.  “Pemda harus lebih bersemangat, dan bekerja lebih baik lagi, untuk mencapai hasil yang terbaik,” imbuhnya. 

Dalam audiensi tersebut juga dilakukan diskusi antara Kementerian PANRB dengan Pemkab Tabanan dan diakhiri dengan  sesi foto bersama. (Hms/Cia)

 

Komentar