Media Berita Online Bali Terkini, Kabar Terbaru Bali - Beritabali.com

Peduli Lingkungan, Kejari Denpasar Gelar Aksi Bersih Sampah Pantai Segara

Kajari Denpasar, Sila Pulungan dan jajaran saat bersih sampah di Pantai Segara Sanur. Jumat (20/4). Foto : Liputan Bali. Com

DENPASAR – Jajaran staf di lingkungan Kantor Kejari Denpasar menggelar aksi bersih-bersih sampah di kawasan Pantai Segara, Sanur, Denpasar. Aksi bersih-bersih pantai ini merupakan bentuk kepedulian, sekaligus memberikan contoh bagi masyarakat akan pentingnya kebersihan lingkungan.

Puluhan sampah berbagai jenis berhasil dikumpulkan terutama sampah plastik yang cukup berbahaya bagi kesehatan. Kegiatan ini dimotori Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Denpasar, Sila Pulungan dengan mengajak seluruh staf di lingkungan Kejari Denpasar.

Dimulai sejak pukul 7.00 wita, jajaran korps baju coklat ini mulai menyisir seluruh areal Pantai Segara Sanur. Acara bertajuk ‘Jaksa Menyapa Lingkungan’ mendapat antusiasme jajaran staf berikut jajaran Jaksa dan warga bahkan beberapa wisatawan ikut bersama-sama membersihkan sampah yang nampak di kawasan pantai.

“Banyangkan, baru 5 (menit), sampah yang terkumpul sudah ada puluhan kantong, apalagi aksi ini dilakukan dua atau tiga bjam,” ujar Sila Pulungan kepada awak media. Jumat kemarin.

                                      

Sila menambahkan, sesuai perannya, Kejaksaan memiliki pungsi pencegahan baik itu kejahatan, kriminalitas dan lainnya. Terkait dengan hal ini, pihak Kejaksaan ingin melakukan fungsinya melakukan pencegahan kejahatan terhadap lingkungan.

Dalam hal ini, akunya, upaya peduli terhadap lingkungan ini bukan merupakan hal baru sebab sejak jauh hari sudah merupakan program pusat dan telah berjalan selama ini.

“Ini bukan hal baru, namun aksi ini juga sekaligus mencoba mengingatkan warga bahwa kebersihan terhadap lingkungan harus dilakukan. Terlebih lagi, Bali merupakan tujuan wisata,” papar Sila Pulungan.

                                                         

Apalagi, akhir akhir ini,  beberapa kawasan pantai di Denpasar banyak dikotori oleh sampah kiriman sehingga cukup mengganggu pemandangan dan keindahan pantai.

untuk itu, kegiatan bersih-bersih pantai sekaligus bagian dari upaya membantu jajaran pemerintah Kota Denpasar dalam upaya menjaga kelestarian pantai dari sampah kiriman.

Ditambahkan, dalam pencegahan itu kuncinya pada diri sendiri yakni  dengan menanamkan kesadaran untuk menjaga lingkungan di rumah,  kantor atau luar rumah.

“Harus dimulai dari  diri sendiri, dan  lewat aksi ini, kami ingin mengkampanyekan dan mengingatkan masyarakat tentang pentingnya menjaga lingkungan sekitar  mereka, "  tegasnya.

Kegiatan ini dikakhiri dengan acara makan bersama dengan santai sekaligus upaya memupuk rasa kebersamaan antara jajaran di lingkungan Kejaksaan Negeri Denpasar. (Cia)

Komentar