Promosi Bali Aman, Kunjungan Wisman Tiongkok ke Badung Terus Meningkat

foto : istimewa

BADUNG – Meski ditengah erupsi Gunung Agung, wisatawan asal Tiongkok terus mengalami peningkatan kunjungan ke Bali. Hal itu tidak lepas dari peran Disparda Badung yang terus melakukan upaya promosi bahwa Bali merupakan salah satu tujuan wisata yang aman dikunjungi wisatawan.

Tahun 2017 kemarin, jumlah kunjungan wisatawan asal Tiongkok masih yang teratas dibanding kedatangan sejumlah wisatawan asing lainnya.

Sesuai data kunjungan, ada lima besar negara yang berkunjung ke Kabupaten Badung selama Desember 2017, diantaranya Wisatawan Tiongkok (China) menduduki ranking teratas (83.159 orang), disusul Australia (70.951), India (20.566), Inggris (14.547), dan Jepang (13.826). 

Kabid Industri Disparda Badung Ngakan Putu Tri Ariawan menegaskan meski terjadi erupsi Gunung Agung di Kabupaten Karangasem namun Bali sebagai destinasi dunia tetap aman dikunjungi wisatawan.

“Perlahan namun pasti kunjungan wisatawan mancanegara ke Bali terus mengalami peningkatan, termasuk kedatangan sejumlah grup besar yang khusus menangani wisatawan asal Tiongkok tahun 2018 ini,” ungkap Ariawan. Rabu kemarin.

Saat acara gala dinner bersama ratusan karyawan Fruida Corporation, Shandong, Tiongkok, di Ballroom Golden Tulip Bay View, Jalan Raya Uluwatu, Br Giri Dharma Ungasan, Kuta Selatan, Ariawan juga menegaskan, bahkan kunjungan wisatawan ke Kabupaten Badung selama Januari hingga Desember 2017, telah mencapai 5.522.173 orang.  Mengalami kenaikan 792.919 orang atau naik 16,77 persen dibanding tahun sebelumnya (2016), yaitu sebanyak 4.729.254 orang.

Dalam suasana meriah tersebut, Wang Long, selaku pimpinan dari perusahaan kosmetik terbesar di daratan Tiongkok itu langsung menghampiri Kabid Industri Disparda Badung ini, sambil memberikan cinderamata sekaligus sebagai ucapan terima kasih atas berkenannya hadir dan memberikan sambutan pada acara tersebut.

Sedangkan, Ngakan Putu Tri Ariawan sempat dihampiri Zhang Lie, pimpinan biro perjalanan yang mengatur seluruh rangkaian kegiatan ratusan wisatawan Tiongkok itu selama hampir sepekan berlibur di Bali.

Dipandu Direktur Power Bali AR Ali slaku penterjemah, Ariawan menyakinkan bahwa Bali, khususnya belasan objek daerah tujuan wisata yang ada di wilayah Kabupaten Badung masih tetap aman untuk dikunjungi.

Bahkan kepada Wang Long dan Zhang Lie, Ariawan menegaskan bahwa pihak pemerintah siap memberikan pelayanan yang terbaik kepada seluruh wisatawan, baik domistik maupun mancanagera yang berkunjung ke Bali.

Termasuk jika sewaktu-waktu terjadi erupsi Gunung Agung di Karangasem, yang jaraknya sangat jauh dari wilayah Kabupaten Badung.

"Jika terjadi penutupan bandara, maka akan diberikan kompensasi gratis biaya penginapan untuk satu hari serta berbagai “complimentary” lainnya," imbuh Ariawan. (*/Cia)

Komentar