Media Berita Online Bali Terkini, Kabar Terbaru Bali - Beritabali.com

429 PPK dan PPS Dilantik

429 PPK dan PPK resmi dilantik KPUD Tabanan. Jumat (9/2). Foto : Agus/Ist

TABANAN  Sebanyak 429 Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK)  dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) dilantik Komisi Pemilihan Umum (KPU) Tabanan. Ratusan petugas ini nantinya akan bertugas mengawal pelaksanaan pemilu Presiden hingga pemilu legislatif mendatang.

Ratusan PPK dan PPS ini resmi mengemban tugas setelah dilantik KPU Tabanan di Lapangan Tenis Alit Saputra Banjar Dangin Carik, Desa Delod Peken, Kecamatan Tabanan. Jumat  (9/3).

Ada perubahan jumlah untuk tahun 2019 ini. Sebelumnya, jumlah PPK dan PPS masing-masing berjumlah 5 orang namun tahun ini hanya direkrut 3 orang di tiap-tiap desa.

Meski dari segi jumlah berkurang, para petugas ini diharapka sebagai ujung tombak suksesnya pelaksanaan demokrasi Pilpres dan Pileg 2019 dan dihimbau untuk taat peraturan sesuai perundang-undangan.

Ketua KPU Tabanan, Luh Darayoni menjelaskan, PPK yang dilantik berjumlah 30 orang dengan perincian masing-masing 3 orang per Kecamatan. Sementara jumlah PPS yang dilantik sebanyak 399 orang, dengan perincian jumlah PPS  per Desa sebanyak 3 orang sehingga total PPK dan PPS yang dilantik berjumlah 429 orang.

"Tugasnya mereka merupakan kepanjangan tangan KPU dalam penyelenggaraan pemilihan baik tingkat desa hingga kecamatan,” jelas Darayoni.

Disisi lain, anggota KPU Bali, I Wayan Jondra menegaskan semua PPK dan PPS yang baru dilantik tidak berpihak. Untuk itu, mereka dalam menjalankan tugas harus jujur dan adil berikut musti terbuka menyampaikan informasi yang diperoleh.

“Harus terbuka dan tidak boleh menutup informasi sebab sesuai dengan aturan,” tegas  Jondra yang menjabat sebagai Divisi Keuangan Umum dan Legislatif KPU Provinsi Bali ini. (Cia)

Komentar