Media Berita Online Bali Terkini, Kabar Terbaru Bali - Beritabali.com

Media Online Musti Sajikan Berita Berkualitas Bukan Hoax

Foto : Liputan Bali. Com

GIANYAR - Ketatnya kondisi bisnis digital saat ini harus disikapi dengan bijak oleh para pengelola media online di tanah air. Setidaknya jika ingin berkembang ke arah yang lebih baik, maka media siber dewasa ini musti menyajikan berita berkualitas bukan hoax.

Demikian terungkap dari diskusi yang digelar Asosiasi Media Siber (AMSI) Bali yang berlangsung di Wake dan Resto Dolphin, Pantai Keramas, Gianyar. Senin (5/3). Hadir sebagai penbicara dalam kesempatan tersebut yakni Wahyu Dhyatmika, Pemimpin Redaksi Tempo. Com yang memaparkan kondisi bisnis media digital di Tanah Air.

Dikatakannya,  pengelolaan bisnis media digital di Indonesia menghadapi dua tantangan besar ditengah banjir informasi dewasa ini  menyangkut konten yang sehat dan bagaimana bisnis yang dikelola bisa menjanjikan.

"Media online ke depan harus bisa menjawab bagaimana menyiakan konten  berita yang berkualitas dan bisnis  yang sehat, " imbuhnya.

Disamping itu,  media online juga bertanggungjawab dalam melawan berita hoax dengan,  menyajikan konten konten positif atau sehat.

Sementara itu, Arfi salah satu pembicara lainnya memaparkan berharap media siber di daerah tidak terjebak pada apa yang dilakukan media siber nasional  namun lebih fokus pada membangun kreativitas  kekhasaan konten sehingga bisa menjadi referensi informasi di daerah.

Soal peluang dan tantangan para pengelola  media siber di daerah  bagaimana bisa memanfatkan sosial  media seperti facebook,  line dan lainnya dalam mendistribusikan konten konten yang sehat.

Arfi juga mendorong media Siber  di daerah membangun sindikasi dengan media Siber daerah lainnya maupun pusat dengan sharing yang saling menguntungkan.

"Media media besar semangatnya juga harus mengayomi media-media kecil di daerah," imbuhnya. 

Acara diskusi kemarin tersebut diakhiri dengan pemilihan Ketua AMSI Bali dan Nengah Muliartha didapuk sebagai ketua AMSI Bali dan Rohmat sebegai sekretaris. Pengurus baru AMSI Bali ke depan akan melakukan berbagai sosialisasi terkait keberadaan beberapa media online yang tergabung di dalam wadah AMSI.

“Semangatnya adalah bagaimana membangun jaringan dan komunikasi antara media online di Bali agar bisa bersinergi, baik dari segi konten maupun kompetensi jurnalisnya,” papar Muliartha mengawali ketersediannya selaku Ketua AMSI Bali.

Sejumlah pimpinan media online yang hadir dari Tribunbali, Beritabali.com,Kabarnusa.com,balipuspanews.com, baliberkarya.com, suarabali.com, baliekbis.com, faktabali.com, liputanbali.com, katabali.com, koranbuleleng.com,Inibali.com,baliexpress.com. Acara deklarasi juga dihadiri Sekretaris AJI Denpasar Feri Kristinto dan Ketua IJTI Bali Agung Kaika. (*/Cia)

Komentar