Media Berita Online Bali Terkini, Kabar Terbaru Bali - Beritabali.com

Wabup Sanjaya Sembahyang di Pura Rambut Sedhana Jatiluwih

Foto : Ist/Hms

TABANAN – Wakil Bupati Tabanan I Komang Gede Sanjaya didampingi Ny. Rai Wahyuni Sanjaya, sembahyang di Pura Kahyangan Jagat, Pura Luhur Sri Rambut Sedhana, Desa Adat Jatiluwih, Penebel, Tabanan, Kamis (01/03) kemarin.

Nampak juga hadir dalam persembahyangan tersebut, anggota DPRD Tabanan I Nyoman Arnawa, Perbekel dan tokoh adat setempat. Persembahyangan ini dilakukan serangkaian dengan Pujawali yang digelar di Pura tersebut, Yakni tepatnya pada rahina Budha Wage Kelawu, Rabu, (28/02). Dan akan dilaksanakan Nyejer selama 3 hari sampai dengan hari Sabtu (03/03).

Disamping serangkaian Pujawali, persembahyangan ini juga bertujuan untuk memohon kesejahteraan, kemakmuran dan kesuburan di Jagat (Bumi) Tabanan. Karena Pura yang terletak di lereng Gunung Batukau, tepatnya di Desa Adat Jatiluwih, Penebel ini dipercaya mampu memberikan kesejahteraan, kemakmuran, dan kesuburan bagi setiap warga yang tangkil.

Pura ini juga dipercaya termasuk dalam situs purbakala, karena keberadaannya yang sudah ada sejak zaman dahulu kala. Tak sulit menemukan Pura ini, Pemedek tinggal menuju Desa Jatiluwih kemudian mengikuti petunjuk arah menuju Pura. Suasana di sekitar Pura pun masih tetap asri, dikelilingi perkebunan dan hutan serta pemandangan lereng Gunung Batukau yang menawan.

Selain melakukan persembahyangan, sebagai wujud cihna bhakti kehadapan sang Pencipta (Ida Sang Hyang Widhi Wasa) Wabup Sanjaya menghaturkan punia yang diterima prawartaka setempat. Setelahnya Wabup Sanjaya beserta rombongan nunas paica (Makan) di pewaregan Pura yang telah disiapkan prawartaka Karya. Sebelumnya, Wabup Sanjaya dan Ny. Rai Wahyuni Sanjaya juga sempat bercengkrama, berbincang-bincang dengan masyarakat. Terlebih dengan Ibu-Ibu Desa adat setempat yang lagi asyik memainkan Gamelan saat itu. (Hms/Cia)

 

Komentar