Media Berita Online Bali Terkini, Kabar Terbaru Bali - Beritabali.com

Penetapan Calon, Calgub Rai Mantra Pilih Absen

KPUD Bali tetap menggelar rapat terbuka penetapan pasangan Calgub Bali tanpa Rai Mantra. Senin (12/2)

DENPASAR - Calon Gubernur Bali, Ida Bagus Rai Dharmawijaya Mantra, memilih absen alias tidak hadir saat rapat terbuka penetapan sekaligus pengumuman pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur yang digelar  KPUD Bali. Senin (12/2). Informasinya, Walikota Denpasar itu absen lantaran menerima kedatangan salah satu Menteri di Denpasar.

Beberapa menit sebelum acara penetapan calon dimulai, nampak hadir Calon Wakil Gubernur,  I Ketut Sudikerta, ditemani sejumlah anggota Tim Pemenangan dari Koalisi Rakyat Bali (KRB). Sedangkan pasangan lawan I Wayan Koster dan Tjok Oka Artha Ardhana Sukawati (Kostr-Ace) nampak terlihat kompak hadir didampingi Ketua Tim Pemenangan, I Nyoman Giri Prasta.

Baik Koster-Ace dan Sudikerta hampir datang bersamaan sekitar 8 menit sebelum sidang pleno dimulai. Namun Ketua DPD Golkar Bali itu, justru hadir tanpa pasangannya, Rai Mantra. Hanya terlihat Ketua Tim Pemenangan, I Gusti Ngurah Wididana alias ‘Pak Oles’ mendampingi bersama beberapa anggota tim pemenangan lainnya.

Hingga pembacaan Keputusan KPU Bali tentang penetapan pasangan calon, Rai Mantra juga belum nongol. Meski demikian, tanpa kehadiran Calgub Rai Mantra, sidang pleno penetapan calon oleh KPU tetap dilanjutkan, dan memutuskan kedua pasang calon yakni Koster-Ace dan Mantra-Kerta sah bertarung di ajang Pilgub Bali 27 Juni 2018 mendatang.

“Setelah ditetapkannya surat keputusan ini bukan lagi bakal calon, tapi sudah pasangan calon. Semua aturan KPU mulai saat ini telah berlaku,”tegas Raka Sandi.

Terkait ketidakhadiran pasangannya, Sudikerta menjelaskan, disebabkan Rai Mantra sedang melaksanakan tugasnya sebagai Walikota Denpasar yakni menerima kunjungan Menteri. Sayanngya, Sudikerta tidak menjelaskan lebih rinci siapa Menteri yang dimaksud.

Alasan lain menurut Sudikerta, ketihadiran Rai Mantra juga disebabkan karena selama ini waikota itu tidak pernah mengambil cuti.

 “Saya ditugaskan untuk menghadiri kegiatan ini, karena beliau (Rai Mantra) ada kegiatan dengan Pak Menteri. Lagi pula beliau belum mengambil cuti,” terang Sudikerta.

Namun berdasarkan informasi lainnya, Rai Mantra justru tidak hadir bukan dengan alasan sedang mendampingi Menteri, akan tetapi menemani Dirjen Dukcapil Kemendagri. Saat penyerahan SK Penetapan Sudikerta juga sempat berseloroh bahwa kehadirannya ke KPU Bali sekaligus sebagai Calgub.

“Disini saya datang sebagai Cawagub sekaligus Cagub,”kata Sudikerta sambil tersenyum. (Cia)

Komentar