Media Berita Online Bali Terkini, Kabar Terbaru Bali - Beritabali.com

Ribuan Warga Gelar Aksi Kumpulkan Koin Untuk Paket Mantra-Kerta

Ketua DPD Nasdem Bali,Oka Gunastawa Ditengah acara kumpulkan koin Mantra-Kerta. Sabtu (3/2). Foto : Ist

DENPASAR – Seribuan lebih simpatisan pendukung Paket Calon Gubernur (Calgub) Mantra-Kerta berkumpul dalam acara bertajuk ‘Koinku untuk Pemimpinku’ di Denpasar. Acara ini merupakan bentuk partisipasi para pendukung sekaligus wujud keseriusan masyarakat mendukut paket Calgub Mantra-Kerta diajang Pilgub Juni Mendatang.

Acara yang digelar di jalan Gandapura III, Desa Kertalangu, Kecamatan Denpasar Timur ini digagas Organisasi Relawan Sekar Bali, Sabtu (3/2) sore yang dimotori Ida Bagus Bima Putera, seorang tokoh masyarakat asal Kertalangu Denpasar, sekaligus Ketua Forum Sekar yang terdiri dari para perantau asal Karangasem Bali.

"Kami berkumpul disini untuk memberikan sumbangan kepada paket Mantra-Kerta, sebagai bentuk partisipasi masyarakat sekaligus wujud keseriusan masyarakat untuk mendukung pemimpinnya,” Ujar Ketua Forum Sekar, Ida Bagus Bima Putra di sela-sela acara kemarin.

Diungkapkan, bentuk dukungan bukan diliihat dari segi jumlah berapa rupiah yang diberikan, namun hal ini merupakan partisipasi masyarakat, karena ingin mendukung jagoannya sukses memenangkan Pilgub Mendatang.

Bima Putra juga menjelaskan, bahwa gerakan menyumbang uang untuk Paket Mantra-Kerta murni merupakan gerakan dari bawah. Idenya sendiri muncul begitu saja kemudian berkembang dari mulut ke mulut, lalu ada yang posting ke media sosial.

Acaranya sendiri,  semula hanya diperuntukan bagi warga Karangasem di Denpasar, atau di perantauan. Namun setelah menyebar, ternyata acara ini tidak lagi terbatas lagi bagi warga Karangasem diaspora, tetapi diapresiasi lintas kabupaten, lintas etnis, dan lintas agama.

"Dalam waktu singkat, semua ingin berpartisipasi, semua ingin menyumbang. Makanya, kami yakin, ketika kandidat lain hambur-hamburkan uang, rakyat yang mendukung Mantra-Kerta malahan ingin menyumbang bagi pemimpinnya. Ini mungkin jarang terjadi di Indonesia," ujarnya.

Bentuk dukungan ini, artinya menurut Bima Putra, bahwa  Rakyat Bali berharap besar agar Mantra-Kerta sebab paket ini dinilai mampu membawa Bali kea rah perubahan yang lebih baik, terlebih lagi dengan programnya yang diusung adalah Nawacandra.

Relawan Sekar Bali mengajak berbagai lapisan masyarakat Bali, untuk berbagi dan memberikan sumbangsihnya dalam celengan Mantra-Kerta dan berjuang  mengajak masyarakat lainya mewujudkan paket Mantra-Kerta sebagai pemimpin Bali yang bersih, berbudaya, kreatif dan inovatif.

“Perubahan nyata itu, akan diwujudkan dalam program Nawacandra yakni sembilan agenda Pembangunan Bali,” tegasnya.

Dilain sisi, Ketua DPW Partai Nasdem Ida Bagus Oka Gunastawa mengatakan, acara "Koinku untuk Pemimpinku" bukan berarti paket Mantra-Kerta tidak memiliki uang, melainkan bentuk gotong royong sekaligus partisipasi masyarakat untuk Rai Mantra.

"Ada ribuan warga kumpulkan uang untuk Mantra-Kerta bukan berarti paket yang diusung Koalisi Rakyat Bali (KRB) tidak memiliki uang. Ini bentuk gotong royong, bentuk partisipasi, bentuk dukungan masyarakat kepada Mantra-Kerta," tutur Oka Gunastawa.

Spontanitas masyarakat yang luar biasa ini diyakini jika Mantra Kerta bisa memenangi Pilgub Bali. Ia mengaku, saat Partai Nasdem mengumpulkan KTP untuk calon independen saja, rakyat Bali beramai-ramai mengumpulkan KTP-nya secara iklas.

Saat itu, jelasnya, jumlah KTP yang berhasil dikumpulkan sebanyak 400 ribu. Padahal yang dibutuhkan hanya sekitar 290 ribu saja.

“Maka saya yakni Mantra-Kerta akan memenangi Pilgub Bali," ujarnya.

Relawan Sekar Bali sendiri  dibentuk guna mendukung paket Mantra-Kerta, dan dibentuk 9 Januari 2018 berikut telah dideklarasikan mendukung paket Mantra-Kerta secara swadaya dari anggotanya.

Relawan ini ini sendiri dikukuhkan 17 Januari 2018 dan diketuai Dewa Gede Maharta, dengan susunan kepengurusan layaknya organisasi. Dalam pergerakannya, Relawan Sekar bertekad berjuang mewujudkan paket Mantra-Kerta sebagai Pemimpin Bali.  Kegiatan nyata yang telah dilakukan yakni pemasangan baliho diseluruh Bali sekaligus mensosialisasikan Paket Mantra-Kerta melalui simakrama dengan para tokoh desa yang ada di Bali.

Relawan Sekar juga telah mengawali kegiatan dengan melakukan tirta yatra ke   besakih, batur, puncak penulisan, dan pura pucak mangu guna memohon  kelancaran Pilgub Bali. (Tim/Cia)

Komentar