Media Berita Online Bali Terkini, Kabar Terbaru Bali - Beritabali.com

Jembatan Putus, Warga Gotong Royong Buat Jalan Darurat

Swadaya Warga Desa Dude Utara, Selat, Karangasem bangun jembatan darurat. Jumat (26/1). Foto : oke

KARANGASEM - Warga Desa Dude Utara, Selat, Karangasem patut diacungi jempol. Tak ingin berpangku tangan menunggu uluran tangan pemerintah, warga secara swadaya membangun jembatan darurat. Sebelumnya, jembatan penghubung antar Dusun  di Tukad Panti ini terputus diterjang lahar dingin.  

Pembuatan jembatan swadaya berbahan bambu ini merupakan kali kedua dilakukan warga setempat. Hal serupa pernah dilakukan sebelumnya, namun jembatan tersebut hancur diterjang banjir lahar dingin.

Jembatan sepanjang 6 meter ini merupakan satu-satunya akses dua Dusun yakni Dusun Geriana Kangin dan Dusun Geriana Kauh sekaligus merupakan akses paling dekat bagi para siswa saat menempuh sekolah yakni SMPN 3 Selat.

Sebelum dibangun, para siswa yang berasal dari Dusun Geriana Kauh, Dusun Sukaluwih, Dusun Sebun, Dusun Abian Tiying dan beberapa Dusun lainya yang berada di Desa Amerthabuana mengalami kesulitan saat pergi ke sekolah.

Sebelumnya, baik warga maupun para siswa terpaksa harus berputar menuju Dusun Bambang Biaung sejauh 3 (tiga) kilometer lebih menuju dusun lainnya. Meski dibangun cukup sederhana, jalan utama antar dusun ini diharapkan bisa mengatasi masalah warga saat melakukan berbagai aktifitas sehari-hari.

“Meski dibuat sederhana, namun akses jembatan bambu ini sudah cukup membantu daripada harus berjalan memutar menuju Dusun lainnya,” ungkap salah satu warga setempat, I Kadek Arnawa.

Pengerjaan jembatan sendiri dilakukan bergotong royong antara warga dengan perangkat Desa setempat beserta Babinsa. Menurut kepala Desa Duda Utara, Wayan Darmadi, menerangkan, jembatan tersebut merupakan akses vital terutama bagi warga yang tinggal di Dusun Tukad Sabuh untuk pergi ke kebun yang berada di seberang Tukad Panti.

“Kita buat jembatan secara suadaya dengan warga untuk memudahkan warga terutama anak – anak bersekolah sehingga tidah harus memutar cukup jauh,” terangnya. Jumat (26/01).

Selain itu, Darmadi juga berharap agar pemerintah terkait bisa menindak lanjuti kondisi jalan yang terputus sehingga bisa kembali dilalui dengan aman oleh warga. (Oke/Cia)

Komentar