Letkol Handoko Yudho Wibowo Jabat Dandim Badung

Sertijab Dandm 1611 Badung Aula Makorem 163 Wira Satya Denpasar. Kamis (18/1). Foto : ist

DENPASAR – Letkol Infanteri Handoko Yudho Wibowo dipercaya sebagai Komandan Kodim 1611 Badung menggantikan Letkol Arh Ahmad Sumarna. Acara pelantikan dilangsungkan di Aula Makorem 163 Wira Satya Denpasar, Kamis (18/1).

Acara pelantikan dipimpin lansung Danrem 163 Wira Satya, Kolonel Arh I Gde Widiyana ditandai dengan penyematan pin di pundak sekaligus peneyerahan tongkat komando kepada Letkol Inf Handoko Yudho Wibowo dihadiri 100 undangan.

Dalam kesempatan tersebut, Komandan Korem 163 Wira Satya,  Kolonel Arh I Gde Widiyana menyatakan serah terima jabatan merupakan bagian upaya meningkatkan kinerja organisasi sekaligus mengembangkan kemampuan manajerial dan kepemimpinan para perwira yang bersangkutan.

Danrem Widiyana juga berpesan agar semua prajurit Korem 163 tetap menjaga netralitas TNI terlebih lagi tahun 2018 ini merupakan tahun politik. Komitmen menjaga netralitas ini merupakan hal yang sangat mendasar sesuai amanat Panglima Besar Jendral Soedirman.

"Tentara hanya mempunyai kewajiban satu adalah mempertahankan kedaulatan negara dan menjaga keselamatannya. Tentara tidak boleh menjadi alat suatu golongan atau orang siapapun juga" tegas Danrem.

Selain itu, tugas TNI sesuai dengan amanat UU RI Nomor 34 Tahun 2004 maka semua jajaran TNI,  selain berperang, tugasnya lainnya yakni membantu pihak Polri menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat termasuk membantu tugas Pemerintah di daerah.

Kodim 1611 Badung sebagai bagian dari korem 163 Wira Satya memiliki wilayah dengan ciri khusus meliputi satu wilayah kabupaten dan satu wilayah kota yang di dalamnya terdapat sentral kegiatan pemerintah Propinsi Bali. Disisi lain daerah Badung juga merupakan sebagai kawasan pariwisata berskala Internasional, oleh karenanya tidaklah berlebihan bila dikatakan  sebagai pusat perekonomian Bali.

Tingkat kompleksitas maupun permasalahan yang dihadapi, juga harus disikai dengan baik dan nantinya segala bentuk permasalahan dalam kehidupan masyarakat jika tidak disikapi dan dikelola secara baik akan berujung pada masalah pertahanan dan keamanan wilayah.

“Saya yakin jika semua sudah dilaksanakan dengan baik maka stabilitas pertahanan di wilayah Badung akan dapat diwujudkan dengan baik,” tambahnya.  

Dalam kesempatan sama, Danrem sekaligus berharap agar Komandan Kodim Badung yang baru dapat lebih mendekatkan diri dengan masyarakat Badung dan Denpasar, serta mampu meningkatkan hubungan yang harmonis dengan semua lapisan masyarakat Badung dan Denpasar.  

Dengan demikian jika ada permasalahan sekecil apa pun yang timbul di masyarakat, maka  dapat diantisipasi sedini mungkin.  

“Saya yakin jika penekanan saya ini benar-benar dapat dilaksanakan dengan baik maka jati diri TNI sebagai tentara rakyat, tentara pejuang, tentara nasional dapat terwujud,” harapnya. (*/Cia)

Komentar