Media Berita Online Bali Terkini, Kabar Terbaru Bali - Beritabali.com

Koster-Ace Resmi Daftar KPU

Suasana proses pendaftaran paket calgub Koster-Ace di kantor KPU Bali Renon, Senin (8/1). Foto : Ist

DENPASAR – Bakal calon Gubernur Bali yang diusung PDI-P, I Wayan Koster dan Cokorda Oka Ardhana Sukawati (Koster-Ace) resmi mendaftar ke KPU Bali. Prosesi pendaftaran, diwarnai atraksi parade budaya seni yang dibawakan puluhan sekeha baleganjur menuju Kantor KPU Bali.

Diperkirakan ada sekitar 10 ribu Skehe Baleganjur  turut mengiringi prosesi pendaftaran yang berlangsung Senin (8/1). Setelah berkumpul di  Kantor DPP PDI-P, di Jalan Banteng Baru, Renon, Denpasar, Koster – Ace lalu beranjak dengan berjalan kaki menuju KPU Bali.

Selain ribuan kader dan simpatisan, nampak hadir para tokoh PDI-P Bali diantaranya, Ketua DPRD Bali, Nyoman Adi Wiryatama, Menteri Koperasi, AA Ngurah Puspayoga, Bupati Badung, I Nyoman Giri Prasta, Bupati Tabanan, Ni Putu Eka Wiryastuti dan beberapa tokoh lainnya turut serta tumpah ruah mengantar paket PDI-P ini.  

Berbagai jenis tarian juga mewarnai proses pendataran tersebut termasuk tarian baris gde berada dibagian depan mengawali parade, disusul tarian okokan, barong bengkung dan sterusnya diisi dengan atribut pakaian nusantara.

Proses pendafaran paket Calgub ini, nampak seperti sajian parade budaya yang sengaja dikemas dari awal dan terkesan simpatik dan berbudaya  sehingga menarik untuk ditonton.

                                  

Usai melakukan long march sekitar 250 meter, rombongan akhirnya tiba di Kantor KPU Renon kemudian disambut Ketua KPU Bali, I Dewa Kadek Raka Sandhi dan di jajajarannya di ruang rapat utama di jalan Cok Agung Tresna, kawasan Renon Denpasar.   

Sebelum menerima dokumen pasangan calon, jajaran KPU Bali terlebih dahulu melakukan verifikasi adiministrasi terkait syarat pencalonan dan syarat calon, yang harus diikuti oleh setiap pasangan Calgub sesuai auran undang-undang yang berlaku.

Setelah melalui proses verifikasi, pasangan  Koster – Ace akhirnya resmi diterima jajaran KPU Bali, sebab sudah memenuhi semua persyaratan dan ketentuan yang berlaku.

"Semua ketentuan syarat pasangan calon Koster-Ace dinyaakan sudah lengkap dan telah kami keluarkan tanda terima berikut diterima pasangan calon,” tutur Raka Sandhi disela-sela pendaftaran kemarin.      

Usai melakukan pendafaran, pasangan calon masih akan melalui beberapa tahapan proses lanjutan yang ditetapkan KPUD Bali, seperti pemeriksaan kesehatan yang rencananya akan digelar di Rumah Sakit Umum Pusat Sanglah, dan tahapan berikutnya berupa penetapan pasangan calon yang rencananya akan digelar Februari mendatang.

Dilain pihak, Ketua Tim Pemenangan Koster - Cok Ace, I Nyoman Giri Prasta menyatakan tekadnya untuk memenangkan Paket Koster – Ace,  sebab merupakan paket calon yang merakyat dan berbudaya.

“Semua syarat kelengkapan pasangan calon telah kami penuhi dan kami yakin menang,” papar Giri Prasta kemarin.  

Giri sendiri menegaskan menargetkan kemengan diatas 60 persen dan diharapkan bisa menjadi kenyataan. Selain para kader PDI-P, turut hadir dalam prosesi pendafaran kemarin,  4 parpol pendukung yakni Hanura, PAN, PKPI, PKB dan PPP.

Rencananya, hari ini, Selasa (9/1),  paket Mantra-Kerta yang diusung oleh partai 6 Parpol pengusung akan melakukan pendaftaran ke kantor KPU Bali di Renon. Berbagai persiapan juga telah dilakukan dan ribuan massa diperkirakan akan tumpah melakukan proses pendafaran calgub Bali tersebut.

Sesuai agenda, Pilgub Bali sendiri akan digelar Juni mendatang usai melewati beberapa tahapan pilkada yang yang ditetapkan oleh KPUD Bali. (Cia)

Komentar