Media Berita Online Bali Terkini, Kabar Terbaru Bali - Beritabali.com

Suarakan Bahaya Rokok, Ayunda Juarai Lomba Penyuluh Kanker

Ayunda Krisnayani saat menerima hadiah lomba penyuluh kangker tingkat SMP se - Karangasem. Foto : ist

KARANGASEM - Siswi SMPN 2 Amlapura, Ni Made Gusmiyari Ayunda Krisnayani, berhasil menjuarai lomba penyuluh penanggulangan kanker terpadu paripurna (PKTP) tingkat SMP se - Kabupaten Karangasem.  Siswi kelas IX 1 ini berhasil mengalahkan pesaingnya, berkat uraiannya, bahwa rokok menjadi salah satu penyebab kangker bagi anak muda.   

Dalam lomba tersebut, Ayunda menekankan resiko kanker bagi anak muda perokok akan terbuka lebar, jika kebiasaan merokok tidak segera dihilangkan. Bahaya kanker juga bisa menyerang siapa saja, meski perokok pasif juga rentan akan baya kanker.

Untuk itu, tegasnya, salah satu upaya menekan pengidap kanker yakni dengan cara menghilangkan kebiasaan merokok terlebih lagi bagi anak muda. Jika diantisipasi sejak dini, maka kawula muda bisa terbebas dari bahaya kanker.

“Merokok merupakan salah satu penyebab kanker dan bisa menyerang siapa saja tanpa mengenal usai termasuk anak muda,” tutur Ayunda usai menerima hadiah Ketua PKK Karangasem, Nyonya Sarini Artha Dipa di Gedung PKK Karangasem, Jumat kemarin.  

Dalam kesempatan tersebut, Nyonya Sarini Artha Dipa mengatakan, lomba bertujuan menyadarkan seluruh lapisan masyarakat dalam mewaspadai bahaya kanker sekaligus mengurangi pengidap penyakit kangker berikut upaya antisipasinya.  

“Kegiatan ini sekaligus upaya sosialisasi tentang bahaya kanker sejak dini agar pengidap kangker bisa berkurang,” paparnya.  (Oke/Cia)

Komentar