Media Berita Online Bali Terkini, Kabar Terbaru Bali - Beritabali.com

Moment Harkanas Diisi Lomba Tangkap Belut dan Menyanyi

foto : istimewa

TABANAN – Puluhan pegawai Dinas Perikanan (Diskan) Tabanan meriahkan lomba tangkap belut dan menyanyi yang sengaja digelar serangkaian peringatan Hari Ikan Nasional (Harkanas). Selain memupuk kekompakan di lingkungan pegawai, lomba sekaligus bertujuan mengajak warga untuk gemar makan ikan.

Perayaan Harkanas ini merupakatan perayaan ke 4 yang digelar Dinas Perikanan (Diskan) Tabanan, di Kantornya Jalan Pulau Nias, Tabanan, Rabu kemarin. Meski para peserta khusus dari lingkungan pegawai setempat, namun jalannya lomba cukup meriah karena dibarengi kelucuan dan canda tawa para peserta lomba.

Para pesera lomba ini merupakanperwakilan kelompok penyuluh perikanan, UPT Perikanan Kecamatan,  UPTD Balai Benih Ikan, Sekretariat , Bidang PP, PN dan PB yang ada di Diskan Tabanan

Peserta lomba dibagi secara berkelompok dan mengikuti lomba menyanyikan lagu ‘Aku Suka Makan Ikan’ (ASMI) karya cipta, Saleh Purwanto dan lomba menangkap belut kemudian memasukkannya ke botol.

Kepala Diskan Tabanan, I Made Subagia kepada media menjelaskan, Harkanas ditetapkan melalui Keputusan Presiden Nomor 3 Tahun 2014 yang diperingati setiap tanggal 21 November. 

Dipaparkan, peringatan Harkanas, selain menjadi sebuah perayaan nasional, juga menjadi sebuah momentum bagi Bangsa dan Negara Indonesia untuk mengingat dan kembali melihat kelautan dan perikanan sebagai tumpuan dan harapan pembangunan nasional.

Demikian pula, peran ikan dalam mewujudkan ketahanan nasional sangatlah luas dan penting. Sebab Ikan dapat menjadi salah satu solusi utama bagi permasalahan gizi di Indonesia. Ikan kaya akan gizi esensial yang sangat bermanfaat bagi kesehatan dan kecerdasan. 

"Ikan mengandung protein, karbohidrat, vitamin, mineral, asam lemak omega 3, 6, 9 yang baik manfaatnya untuk tubuh manusia. Kandungan asam amino dan omega 3 nya jauh lebih baik jika dibandingkan dengan bahan pangan sumber protein yang lainnya," katanya.

Terkait lomba gembira yang digelar khusus di lingkungan Diskan Tabanan, menurut Subagia selain untuk mewujudkan kebersamaan, kerjasama, persatuan dan semangat gotong royong di antara pegawai, juga dimaksudkan agar para pegawai lebih mengenal dan mencintai ikan. Baik sebagai komoditas pembangunan penggerak ekonomi maupun menu makan sehari-hari.

Selain menggelar lomba, Diskan Tabanan dalam rangka Harkanas yang mengusung thema "Makan Ikan, Sehat Kuat dan Cerdas Menuju Tabanan Serasi" ini, juga melakukan restocking penebaran benih ikan nila di perairan umum sungai sehari sebelumnya. (*/Cia)

Komentar