Media Berita Online Bali Terkini, Kabar Terbaru Bali - Beritabali.com

Sukses Galang Koalisi Bali Mandara

9 Parpol Siap Hadapi PDIP Pilgub Bali 2018

Foto : Ilustrasi

DENPASAR – Isu politik di Bali kembali menghangat jelang pengumuman paket Calon Gubernur dan Wakil Gubernur yang akan diusung dalam pemilihan Gubernur (Pilgub) Juni 2018 mendatang. 9 Partai Politik (Parpol) di Bali bahkan sudah mendeklarasikan diri untuk berkoalisi dengan sebutan Koalisi Rakyat Bali (KRB). Terbentuknya koalisi tersebut, terinspirasi lewat sukses Koalisi Bali Mandara yang berhasil mengalahkan PDI-P di ajang Pilgub Bali sebelumnya.

Penggagas Koaliasi Rakyat Bali, I Made Mudarta menegaskan, munculnya kesepakatan koalisi tersebut bermula dari ide Koalisi Bali Mandara, yang terlebih daulu sukses memenangi Pilgub Bali sebelumnya.

“KRB itu kami ambil dari asal koalisi Bali Mandara. Namanya dari saya sendiri dan mendapat dukungan parpol lainnya di Bali,” tutur Mudarta kepada media di Sanur, Jumat (10/11).  

Dijelaskan, ke 9 parpol yang tergabung dalam KRB diantaranya Partai Golkar, Demokrat, Hanura, PPP, PKS, PKPI dan PAN. Sementara dua parpol lainnya yang ikut bergabung yakni Partai Nasdem dan Partai Perindo.

Gabungan partai partai tersebut bersepakat bahwa keberagaman dari parpol tersebut akan digabung menjadi satu dan siap bersinergi dalam Pilgub Bali mendatang.

“Semacam pelangi jika dilebur menjadi satu maka menjadi warna putih seperti sinar matahari dan kami yakin bahwa yang akan dipilih dalam Pilgub Bali adalah Calon Gubernur  pilihan rakyat bukan pimpinan partai,” paparnya.

Sejauh ini, KRB telah memutuskan untuk mengusung paket Sudikerta (Wakil Gubernur Bali) dan Rai Mantra (Walikota Denpasar) sebagai calon Gubernur dan Wakil Gubernur dan telah disodorkan kepada DPP masing-masing partai di Jakarta.

Paket KRB tersebut ditegaskan, sudah cukup bagus mengingat kedua kandidat tersebut memiliki electabilitas tinggi dari hasil survey selama ini. Terlebih lagi rekam jejak keduanya cukup bagus dan merupakan figur yang diharapkan menjadi pemimpin Bali ke depan.

Sejauh ini, PDI-P Bali sendiri masih menunggu pengumuman rekomendasi DPP PDI-P yang rencananya akan diumukan Sabtu (11/11) hari ini.  Ada beberapa nama yang masuk dalam  bursa calon Gubernur PDIP diantaranya I Wayan Koster, Rai  Mantra, Eka Wiryastuti dan beberapa nama lainnya. (Cia).

Komentar