Media Berita Online Bali Terkini, Kabar Terbaru Bali - Beritabali.com

Sanjaya Hadiri Upacara Pengratep Ida Ratu Gede Pura Luhur Gonjeng

Wabup Sanjaya saat Hadiri Upacara Pengratep Ida Ratu Gede Pura Luhur Gonjeng, Rabu (25/10). Foto : ist/humas

TABANAN – Wakil Bupati Tabanan, I Komang Gede Sanjaya, menghadiri serangkaian Upacara Mupuk Pedagingan, Pemlaspasan, Pujawali dan Pengratep Ida RGede Ring Pura Luhur Gonjeng, Banjar Lodalang, Kukuh, Marga. Tabanan.

Kehadiran Sanjaya antusias warga masyarakat Desa Kukuh, khususnya warga Banjar Lodalang. Rabu (25/10).

Didampingi Camat Marga, Alit Adiatmika beserta Perbekel Desa Kukuh I Made Sugianto, orang nomor dua di Tabanan menyatakan apreasiasinya atas kekompakan warga lebih mengutamakan semangat gotong royong dalam melaksanakan upacara.

Dalam kesempatan itu, Sanjaya tertarik melihat konsep Pura yang dilihatnya masih asri, dan tidak seperti bangunan Pura lainnya. Meski baru pertama kali melakukan sembah bhakti di Pura Luhur  Gonjeng, namun dirinya merasa tidak asing lagi dengan kawasan tersebut dan menyatakan  akan berkunjung kembali suatu waku jika ada kesempatan.

“Saya pertama kali ngaturang bhakti driki, nembe driki. Benjang-benjang sira uning Tiang polih malih  kesempatan sane becik, Tiang pasti mewali meriki. Menarik pisan niki Pahrayangan Idane, napi buin Pura niki merupakan cagar budaya, dan sejarahnya pasti amat panjang dan menarik untuk dipelajari”, tutur Sanjaya.

Dirinya juga mendoakan agar upacara yang dilaksanakan oleh masyarakat Banjar Lodalang berjalan dengan baik. Serta masyarakatnya tetap bersatu dan rukun sehingga apa yang menjadi cita-cita di masyarakat bisa tercapai sesuai dengan apa yang direncanakan.

“Kebanda antuk galah, Tiang mangkin jagi wenten uleman ring Pupuan. Sepisanan Titiang nyarengin karya Dewa Yadnya druwene niki dumogi memargi antar, becik labdakarya sidaning don. Nika sane aptiang Titiang sareng sami, Utawi mangde masyarakat tetep, becik, bersatu, tetep rukun, ajeg, lan ajeng. Tur Dumogi rahayu semeton Titiang sareng sami iriki”, tambahnya. 

Selain melakukan persembahyangan bersama beserta undangan, Wabup Sanjaya juga ngaturang punia yang diterima oleh Panitia Acara. Dan sebagai wujud kebersamaan, persatuan dan kesatuan antara masyarakat dan Pemerintah, Beliau melakukan Photo bersama serta berbaur sembari berbincang-bincang dengan masyarakat Lodalang. Hal tersebut juga cerminan  Pemerintah Kabupaten Tabanan yang peduli terhadap masyarakat Tabanan, tanpa mengkotak-kotakan. (Hms/Cia)

Komentar