Media Berita Online Bali Terkini, Kabar Terbaru Bali - Beritabali.com

Tracker Disuguhi Kesenian Daerah

Para racker saat dilepas Wabup Sanja saat HUT USA ke 3. Minggu (22/10). foto: ist/humas

TABANAN -  Ada yang menarik saat perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Ulun Siwi Adventure (USA) ke 3 di lapangan Kerambitan. Ribuan tracker justru dihibur kesenian daerah saat berlomba. Paduan olah raga dan seni budaya itu menarik perhatian pengunjung festival kerambitan yang dirangkai dengan HUT kota Tabanan ke - 524.    

Wakil Bupati Tabanan, I Komang Gde Sanjaya - pun langsung mengapreasiasi kegiatan USA ke 3 tersebut, sebab paduan olah raga dan seni budaya tersebut merupakan pertama kali dilakukan.

Selain menghadirkan kesenian okokan saat melepas para peserta tracker, di titik – titik terentu, para tracker nantinya akan disediakan hiburan berupa kesenian daerah lainnya.

“Atas nama Pemda Tabanan mengapresiasi kegiatan positif kawan-kawan komunitas tracker. Bisa jadi hal perama kali di Bali atau mungkin di Indonesia. tracker dengan 'meyadnya'. Sebelum dilepas juga dibarengi pertunjukan okokan  serta sembahyang bersama, sehingga tercipta keharmonisan,” ungkapnya  saat memberikan sambutan, Minggu (22/10).

Sanjaya juga berharap,  kegiatan ini dapat menjadikan ajang promosi Kabupaten Tabanan ke depan, agar masyarakat luar Tabanan atau wisatawan luar daerah bisa menyaksikan acara ini. 

“Dengan kegiatan ini orang-orang dari luar Tabanan, dan seluruh Indonesia akan semakin mengenal Budaya Tabanan, khususnya budaya Kerambitan ini. Karena kita memiliki budaya yang luar biasa,” imbuhnya.  

Sementara itu Ketua Panitia HUT USA ke-3, Made Arya menjelaskan, konsep kegiatan ini adalah memadukan olahraga dan seni. Kegiatan ini juga dalam rangka menyambut Festival Kerambitan ke-3 dan juga HUT Tabanan. 

“Seperti konsep Festival Kerambitan., Kegiatan olahraga ini juga kami padukan untuk menggali potensi, keunikan dan kekhasan yang ada di desa masing-masing. Acara ini kami awali dengan pertunjukan okokan, nanti pada spot-spot tertentu di jalur tracker juga akan disediakan hiburan kesenian dan tari-tarian. Jadi sekaligus memberikan peserta itu semangat,” ungkapnya. 

Dikatakannya jumlah peserta dari kegiatan ini lebih dari 1300 peserta. Para peserta tidak hanya berasal dari Tabanan namun dari seluruh Indonesia. Setelah melewati rute dan mencapai finish para peserta akan kembali ke lapangan dan akan dilakukan pengundian kupon serta pertunjukan hiburan. 

Peserta mencapai 1300 orang, dan karena acara ini sampai sore, kami perkirakan jam 2 nanti akan tiba lagi, sehingga jumlahnya bisa mencapai 1600 orang. Peserta tidak hanya dari Bali, namun juga banyak yang berasal dari luar Bali, seperti dari Malang, Surabaya, hingga Kalimantan,” imbuhnya. (Hms/Cia)

Komentar