Perupa Tabanan Pameran Bareng

TABANAN – Puluhan pelukis kawakan Tabanan menggelar pameran bersama di Puri Anom Tabanan. Selain sebagai wahana apresiasi, ajang pameran tersebut sekaligus menunjukkan potensi diri bahwa seniman lukis Tabanan tidak kalah dengan perupa daerah lainnya.

Ada sekitar 50 lukisan ikut memeriahkan pameran lukisan yang digelar hingga 15 Oktober mendatang. Karya lukisan itu, merupakan hasil seni lukis 36 pelukis yang sebagai besar dari Tabanan dan beberapa pelukis Bali lainnya termasuk pelukis luar negeri.

Sejumlah pelukis yang memamerkan karya lukisnya di Puri Anom di antaranya  I Made Gunawan, Ida Bagus Indra, I Nyoman Kariasa, Gusti Ngurah Gede Pemecutan, I Putu Sunartawan, hingga ketua DPRD Tabanan, I Ketut "Boping" Suryadi.    

Para seniman diberikan keleluasaan menempatkan karya seninya di sejumlah ruang dan bangunan yang ada di tiga palemahan (wilayah) terdepan di Puri Anom.

Bukan hanya seni lukisan, namun seni patung dan seni instalasi juga ikut dipamerkan dalam ajang FAE bertajuk “mewali ke Hening” tersebut.

Pihak penyelenggara, AA. Ngurah Panji Astika dari Puri Anom,  mengungkapkan, para pelukis Tabanan cukup banyak dikenal di luar Tabanan bahkan dikenal ke luar negeri. Meski cukup dikenal, namun para perupa tersebut jarang menggelar pameran lukisan karena keterbatasan tempat.

"Selama ini, para seniman lukis biasanya menggelar hasil karyanya di galery atau gedung, sekarang mereka bisa memamerkan karya seninya di rumah yang tua ini secara eklusif karena memiliki aura yang berbeda," papar Panji Astika.

Dalam kesempatan itu, berbagai kalangan juga hadir termasuk Wakil Gubernur I Ketut Sudikerta, Walikota Denpasar, Rai Mantra, serta jajaran tamu undangan lainnya.   Sudikerta mengapresiasi kegiatan serupa bisa berlanjut terus guna pelestarian seni budaya Bali.

"Pemerintah Provinis Bali memberikan apresiasi positif, mengharagai dan mendukung penglisir Puri Anom menggelar kegiatan ini yang memberikan ruang bagi para seniman untuk memamerkan karya seninya, "ungkap Sudikerta disela-sela acara.  (Cia)

Komentar