Media Berita Online Bali Terkini, Kabar Terbaru Bali - Beritabali.com

Bupati Eka Peroleh Penghargaan IAI Award

ist/humas

JAKARTA -  Dinilai berhasil mengembangkan potensi daerah, Bupati Tabanan, Ni Putu Eka Wiryastuti memperoleh penghargaan Indonesia’s Atrractives Index (IAI) Award 2017 yang diberikan oleh Tempo Media Groups bekerjasama dengan Frontier Consulting Groups.

Penghargaan tersebut diterima langsung oleh Bupati Eka pada Jumat malam (29/9) di Java Ballroom Hotel Westin, Jakarta Pusat.

Penghargaan IAI Awards diberikan berdasarkan penilaian bahwa Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tabanan memiliki potensi besar untuk dapat menarik minat investor di bidang industri dan pelaku bisnis berbagai sektor dalam memajukan perekonomian daerah.

“Di bidang investasi, kita terus mendukung nilai kearifan lokal dan mengangkat desa-desa wisata serta terus mengembangkannya melalui BUMDes (Badan Usaha Milik Desa) untuk mengurangi pengangguran. Tidak perlu ekspor, kita cukup jual produk-produk BUMDes kepada wisatawan atau turis, perbanyak pasar oleh-oleh, kerajinan, dan kuliner. Jadikan masyarakat sebagai penikmatnya langsung, ”papar Eka usai menerima penghargaan itu. 

Pengembangan ekonomi seperti itu, sambungnya, sebagai salah satu celah untuk menggerakkan ekonomi masyarakat yang pada akhirnya akan berimbas pada pembangunan daerah. Demikian halnya dengan pengembangan infrastruktur melalui semangat gotong royong dalam bentuk Program Partisipatif.

Program ini merupakan strategi pembangunan Kabupaten Tabanan yang telah diterapkan sejak beberapa tahun terakhir untuk menjawab keterabatasan APBD dalam membiayai langsung pembangunan infrastruktur.

“Program partisipatif merupakan salah satu kiat sukses kami untuk menuntaskan persoalan infrastruktur di Tabanan. Karena jika hanya mengandalkan APBD, kami tidak bisa berbuat banyak. Infrastruktur saat ini kita bangun terus dan mudah-mudahan pada 2018 nanti bisa selesai semuanya,” katanya.

Sedangkan, pada bidang pelayanan publik, Pemkab Tabanan terus meningkatkan pelayanan yang berbasis IT. Dengan memamfaatkan teknologi menjadikan semua lebh mudah dan cepat, ke depan, semua dinas diwajibkan memanfaatkan teknologi untuk mempermudah pelayanan dan salahsatunya server kita gabung jadi satu.

Dan, pada sektor pariwisata, Kabupaten Tabanan terus berusaha meningkatkan jumlah wisatawan yang datang baik itu lokal maupun mancanegara.  Obyek wisata seperti Jatiluwih, Ulundanu beratan, Tanah lot memang sudah menjadi warisan dari dulu yang setiap tahunnya mendatangkan wisatawan lebih dari 15.000 orang, kedepannya kita akan terus kembangkan wisata khususnya pada wisata alam.

Kunci keberhasilan itu, menurut Eka, yakni semangat otong royong dan saling bantu bekerja sama dari mulai camat, lurah, kepala desa dan OPD terkait harus ikut serta dalam mewujudkan pembangunan.

Sementara itu, CEO Frontier Consulting Group Handi Irawan mengatakan Metode penilaian dalam penghargaan ini menggunakan data primer dan sekunder.

Data primer diperoleh melalui survei yang dilakukan dengan metode wawancara dan kuesioner dan data sekunder diperoleh melalui dokumen-dokumen yang dapat dilihat oleh publik, seperti jumlah investasi, pertumbuhan Penerimaan Domestik Regional Bruto (PDRB), jumlah pelayanan publik seperti rumah sakit dan jumlah wisatawan yang berkunjung ke daerah tersebut. (Cia/humas)

Komentar