Media Berita Online Bali Terkini, Kabar Terbaru Bali - Beritabali.com

Wabup Sanjaya Hadiri Ngaben Massal di Jero Penida

ist/humas

TABANAN –  Wakil Bupati Tabanan,  I Komang Gede Sanjaya menghadiri ngaben massal, pitra yadnya dan manusa yadnya, pesemetonan prati sentana shri nararya kreshna kepakisan di jero penida Banjar pengayehan Desa Pekraman Bedha, Desa Gubug, Tabanan. (29/9)

Ketua Panitia Ngaben Massal, I Gusti Made Rai Wirata mengatakan, sudah menjadi kesepakatan pesemetonan, bahwa  karya pitra yadnya dan manusa yadnya tersebut dilaksanakan setiap lima tahun sekali.

Tahun ini  merupakan pelaksanaan untuk ketujuh kalinya untuk upacara pitra yadnya, sedangkan manusa yadnyanya adalah yang kedua kali.” Kami pesemetonan sepakat untuk melaksanakan upacara pitra dan manusa yadnya.Tahun ini yang ketujuh kali untuk pitra yadnyanya, dan untuk manusa yadnya baru yang kedua. Puncak karya sendiri digelar Sabtu Pon kemarin,  ”paparnya.

Masih menurut Wirata, tahun 2017 ini, yang ikut ngaben massal 14 sawa, ngelungah 11, nyambutin 3 orang, dan yang metatah sebanyak 10 orang.  “Kami di pengayehan ada 61 KK, untuk ngaben ini persawa, dikenakan biaya sebesar 10 juta rupiah, ”tambahnya

Dalam kesempatan itu, Wabup Sanjaya merasa senang karena bisa bertemu masyarakat dan menyaksikan karya pitra yadnya dan manusa yadnya tersebut.

Dirinya juga memberikan apresiasi yang setinggi- tingginya  kepada pesemetonan dalam melaksanakan srada baktinya kepada leluhur. Dan itu merupakan bagian dari konsep dari Visi Tabanan Serasi, Sejahtera, Aman, dan Berprestasi, dalam bingkai Pola Pembangunan Nasional Semesta Berencana (PPNSB) dalam bidang adat, agama dan budaya.

Ditambahkan, pelaksanaan upacara pitra dan manusa yadnya massal, menunjukan ada persatuan dan kesatuan  yang kuat antara pesemetonan. Dan dirinya berharap  hal tersebut terus dijaga dan dilestarikan oleh generasi penerus.

”Inilah persaudaraan, bagaimana terus bisa mempersatukan persaudaraan ini, generasi muda harus tetap melestarikan tradisi ini. Tetap jaga rasa persaudaraan ini. Kami yang hadir disini mendoakan agar yadnya ini berjalan dengan baik labda karya sida sidaning don,” ucap Wabup sanjaya

Dalam acara tersebut, sebagai wujud sumbangsih dan kepedulian terhadap  yadnya yang dilaksanakan oleh masyarakat, Wabup Sanjaya juga menyerahkan  punia sebesar 5 juta rupiah.

Wabuh sanjaya dalam kesempatan itu didampingi Anggota DPRD Kabupaten Tabanan I Gusti Komang Wastana dan I Gede Putu Desta Kumara, Camat Tabanan I Putu Arya Suta, dan Perbekel Gubug I Nengah  Mawan. (Cia/Humas).

Komentar