Media Berita Online Bali Terkini, Kabar Terbaru Bali - Beritabali.com

Pengungsi Gunung Agung Tembus Angka 15 ribu lebih

(Karang Asem) – Pasca Ditetapkan status awas atau level IV,  jumlah pengungsi Gunung Agung terus bertambah. Bahkan data terkini menyebutkan jumlah pengungsi kini sudah mencapai 15 ribu lebih yang tersebar di berbagai tiik pengungsian.

Berdasarkan data Pusdalpos BPBD Bali hingga Sabtu siang (23/9), jumlah pengungsi berjumlah 15 ribu 142 jiwa yang tersebar di 125 itik pengungsian. Jumlah tersebut bisa jadi berubah, sebab melihat kondisi banyaknya warga yang melakukan pengungsian secara mandiri.  

Para pengungsi yang terdata saat ini sebagian berada di lokasi pengungsian yang telah ditentukan dan mudah untuk didata, namun beberapa pengungsi juga masih berada di lokasi terpencar sehingga menyulitkan pendataan. “Diperkirakan jumlah pengungsi masih akan bertambah mengingat masih banyak pengungsi yang tinggal secara berpencar. ” papar Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho dalam siara persnya kepada media, Sabtu (23/9).

Meski belum maksimal dalam pendataan, namun Sutopo mengapresiasi rasa solidaritas yang cukup tinggi dari masyarakat dan banyak menawarkan rumah dan bangunannya untuk dijadikan tempat pengunsian sementara waktu. Bahkan makanan sehari hari juga disiapkan bagi para pengungsi seperti salah satu warga di Tampak Siring Gianyar.

Bukan itu saja, salah satu warga di Wilayah Banjar Besang Kawan, Klungkung   bernama Nyoman Suardika bahkan menyediakan tempat penampungan ternak bagi korban Gunung Agung secara gratis dan pengungsi yang memilik sapi bisa mencari rumput di sekitar lokasi penampungan mereka. “Bantuan masyarakat secara swadaya juga banyak dilakukan. Ini adalah modal sosial yang luar biasa. Masyarakat secara mandiri dan spontan saling membantu anggota masyarakat yang mengungsi. Kita patut apresiasi, dan tidak perlu bergantung kepada pemerintah.”ujarnya.

Sutopo juga mengingatkan agar masyarakat yang mau mengumpulkan donasi, baik berupa barang maupun uang, agar disetor melalui satu pintu yaitu Posko Utama Satgas Siaga Darurat, dengan alamat Dermaga Cruise Tanah Ampo, Manggis Kabupaten Karangasem. “Untuk Bantuan bisa juga menghubungi Pusdalops Bali,”papar Sutopo. (CiA)

Komentar